Cara Merawat Mesin Gerinda Tangan

cara+merawat+mesin+gerinda+tangan
Cara Merawat Mesin Gerinda Tangan
Cara Merawat Mesin Gerinda Tangan - Agar mesin gerinda tangan yang kita miliki awet dan berumur panjang, maka perlu dirawat dengan benar. Hal itu bertujuan untuk menghindari kerusakan-kerusakan yang terjadi pada mesin tersebut. Oleh sebab itu, pemeliharaan pada mesin gerinda merupakan hal yang sangat penting yang harus dilakukan secara rutin.

Salah satu perawatan yang paling mudah dilakukan pada mesin gerinda tangan yaitu mengikuti prosedur penggunaan yang ada di dalam buku pedoman. Dengan mengikuti aturan pada buku petunjuk, kita akan lebih memahami bagaimana cara menggunakan mesin gerinda yang benar, cara merawat, dan cara penyimpanan mesin gerinda. Selain itu, di dalam buku petunjuk juga akan diberikan langkah-langkah perbaikan ketika mesin gerinda tang mengalami masalah.

Namun, bagi yang belum sempat membaca buku petuntuk karena keburu hilang, silahkan baca artikel ini sampai selesai. Karena pada kesempatan kali ini membahas tentang cara merawat mesin gerinda tangan yang benar sebagai pencegahan munculnya permasalahan-permasalahan yang mungkin terjadi.

Cara Merawat Mesin Gerinda Tangan


1. Memberi Stempet Secara Berkala


Pada mesin gerinda tangan, terdapat ruang stempet yang terletak pada bagian roda gigi penghubung. Penggunaan dalam jangka panjang, menjadikan stempet habis yang mengakibatkan mesin gerinda cepat panas. Oleh sebab itu, periksalah ketersediaan stempet tersebut secara berkala. Jika menemui stempet telah habis, segera beri stempet secukupnya agar terhindar dari kerusakan pada bagian roda gigi tersebut, seperti bunyi kasar atau mesin gerinda tidak bertenaga.

2. Mengganti Carbon Brush Sebelum Habis


Carbon brush merupakan bagian mesin gerinda tangan yang dapat habis karena batasan waktu penggunaan mesin. Jika carbon brush habis, maka mesin gerinda tida dapat dinyalakan. Namun, untuk menghindari kerusakan pada komutator yang menyebabkan mesin gerinda menyala terang, sebaiknya lakukan penggantian carbon brush tersebut sebelum habis total.

3. Tidak Menekan Ketika Menggerinda


Banyak yang melakukan penekanan pada saat menggerinda dengan alasan untuk mempercepat waktu. Namun, hal itu ternyata dapat mempercepat kerusakan pada mesin, karena beban putaran yang bertambah berat akibat daya tekan. Selain itu, menekan gerinda pada saat menggerinda juga dapat membahayakan keselamatan kerja. Oleh sebab itu, pada saat menggerinda sebaiknya biarkan mata gerinda berputar mengikuti alur pengikisan tanpa adanya penekanan.

4. Membersihkan Setelah Menggunakan


Percikan kotoran yang masuk ke dalam mesin ketika menggerinda dapat menyebabkan mesin gerinda tangan macet jika dibiarkan begitu saja. Biasanya kotoran tersebut akan bersarang pada bagan laher dan ruang gerak armature yang dapat mengakibatkan mesin terbakar karena putaran mesin menjadi seret. Oleh sebab itu, bersihkanlah mesin setelah melakukan penggerindaan sebelum menyimpannya.

5. Simpan Dengan Benar


Setelah selesai menggunakannya untuk menggerinda, simpanlah mesin gerinda tangan tersebut dengan benar. Lepaskan mata gerinda dari dudukannya dan pastikan posisi kabel power tergulung rapih tidak ada yang terjepit. Jangan letakan mesin gerinda pada tempat yang tinggi dan mudah jatuh. Sebaiknya simpanlah pada tempat yang tertutup untuk menghidari gigitan tikus dan jangkauan anak-anak.

itulah beberapa tips dan cara merawat mesin gerinda tangan agar awet. Semoga bermanfaat.