Cara Memasang Senar Mesin Potong Rumput

cara+pasang+senar+mesin+potong+rumput
Cara Memasang Senar Mesin Potong Rumput
Cara Memasang Senar Mesin Potong Rumput - Mengganti baling-baling pada mesin potong rumput menggunakan senar, merupakan inovasi terbaru yang bertujuan untuk memberi kenyamanan bagi para penggunanya. Selain itu, cara memasangannya pun sangat mudah, karena pada dasarnya sama seperti pemasangan baling-baling biasa atau jenis pelat.

Meskipun begitu, menggunakan senar sebagai pembabat rumput ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihannya dapat dilihat dari penggunaannya yang lebih praktis. Namun, jika dibandingkan dengan jenis mata potong plat, penggunaan senar ini ternyata masih jauh dari sempurna. Karena senar ini hanya mampu membabat rumput-rumput yang lunak dan tidak bisa memangkas jenis rumput yang keras.

Setelah mengetahui masing-masing kelebihannya, pasti sudah memiliki gambaran mengenai penggunaanya dari kedua jenis baling-baling potong rumput. Dan bagi yang akan mengganti mesin potong rumputnya dengan senar, silahkan simak ulasan berikut ini mengenai cara memasang senar mesin potong rumput dengan mudah.


Cara Memasang Senar Mesin Potong Rumput


Sebelum mengganti mesin potong rumput dengan senar, siapkan terlebih dahulu dudukan dan senarnya,. Kedua komponen tersebut biasanya terjual dalam satu set. Namun, ada juga yang menjual senarnya saja sebagai pengganti jika nantinya senar yang digunakan habis atau putus. Selain itu, sipakan juga kunci ring 19 mm dan obeng sebagai alat akan digunakan dalam penggantian. Dan langkah-langkah memasang senar mesin potong rumput adalah sebagai berikut :

1. Bukalah mata potong yang lama, caranya yaitu dengan menahan gearbox dengan menggunakan obeng, kemudian lepaskan mur pengunci baling-baling menggunakan kunci 19 mm. Untuk mengendurkan murnya, putarlah ke kanan (searah dengan jarum jam).

2. Siapkan dudukan senar, kemudian masukan senar ke dalam lubang yang berada pada dudukannya. Kita bisa memasang dua buah senar atau empat buah sekalian.

3. Setelah itu, pasanglah dudukan senar pada gearbox mesin potong rumput. Kemudian pasang mur penguncinya dan kencangkan dengan cara memutarnya ke arah kiri (berlawanan dengan arah jarum jam). Pastikan lubang dudukan tapat berada pada as gearbox agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selesai.

Sangat mudah bukan? Begitulah cara memasang senar mesin potong rumput. Jika kita ingin mengganti senar karena sudah habis (pendek), cukup dengan melepas senar pada dudukannya dan memasangnya dengan yang baru. Semoga bermanfaat.