Perbedaan Mata Bor Kayu, Besi, Dan Beton

perbedaan+mata+bor+kayu+besi+beton
Perbedaan Mata Bor Kayu, Besi, Dan Beton

Perbedaan Mata Bor Kayu, Besi, Dan Benton - Mata bor adalah alat yang berfungsi untuk membuat lubang yang terpasang pada mesin bor. Diantara jenis mata bor yang paling sering digunakan yaitu mata bor kayu, mata bor besi, dan mata bor logam. Ketiga jenis mata bor tersebut memiliki perbedaan bentuk dan fungsinya. 

Perbedaan yang paling signifikan pada mata bor kayu, besi, dan beton terletak pada bagian ujungnya. Dimana setiap ujung dari masing-masing mata bor tersebut memiliki bentuk yang sangat berbeda. Bentuk tersebut bukan hanya sebagai pembeda, namun juga memiliki fungsi   terhadap material yang dilubangi.

Bagi orang yang tidak tahu perbedaan mata bor, bisanya akan menggunakan satu jenis mata bor untuk berbagai keperluan pengeboran. Hal tersebut sangat tidak disarankan, karena dapat berisiko terhadap mata bor itu sendiri dan juga keselamatan kerja. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan pada setiap mata bor seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Perbedaan Mata Bor Kayu, Besi, Dan Beton


Setiap mata bor memiliki perbedaan dari segi bentuk dan fungsinya. Dan berikut merupakan perbedaan mata bor yang paling sering digunakan dalam pekerjaan sehari-hari, yaitu perbedaan antara mata bor kayu, besi, dan beton.

Mata Bor Kayu (Auger Bits)

perbedaan+mata+bor+kayu+besi+beton
Mata Bor Kayu

Mata bor merupakan jenis mata bor yang memiliki bentuk alur yang dapat mendorong mesin bor untuk bergerak maju sambil mengebor, sehingga mesin bor tidak perlu di dorong terlalu kuat. Bagian keliling alurnya sangat tajam yang dapat mengiris kayu dengan cepat dalam proses pengeboran.

Bagian ujung mata bor ini sangat runcing yang berfungsi untuk menjaga mata bor agar dapat tetap lurus, sehingga lubang yang dihasilkan pun lebih presisi. Mata bor kayu ini digunakan untuk membuat lubang pada material kayu yang tebal dan juga keras.

Mata Bor Besi (Twist Bits)

perbedaan+mata+bor+kayu+besi+beton
Mata Bor Besi

Mata Bor besi merupakan jenis mata bor yang paling banyak digunakan dan fungsinya cukup universal. Bagian ujung mata bor ini berbentuk tirus lancip dan memiliki alur pada kelilingnya yang tidak begitu tajam jika dibandingkan dengan mata bor kayu.

Mata bor ini dapat digunakan dengan menggunakan mesin bor tangan atau pun mesin bor duduk, baik penggunaan secara vertikal mau pun horizontal. Jenis mata bor ini dapat digunakan untuk membuat lubang pada berbagai macam material, seperti logam, kayu, dan plastik.

Mata Bor Beton (Masonry Bits)

perbedaan+mata+bor+kayu+besi+beton
Mata Bor Beton

Mata bor beton merupakan jenis mata bor yang memiliki bentuk ujung dengan lapisan tongsten carbit yang keras, sehingga mampu digunakan untuk pengerjaan pengeboran pada material batu dan bata, semen, dan beton. 

Jika dilihat pada sisi tertentu, bentuk ujungnya memiliki ukuran lebih besar dari pada batangnya. Selain berputar, mata bor ini juga berfungsi sebagai pemukul. Mata bor beton ini hanya akan dapat digunakan pada mesin bor impact atau hammer drill. 

Itulah penjelasan mengenai perbedaan mata bor kayu, besi, dan beton. Untuk itu, gunakanlah mata bor yang sesuai dengan masing-masing fungsinya. Semoga bermanfaat.