Cara Mengganti Oli Mesin Potong Rumput

cara+mengganti+oli+mesin+potong+rumput
Cara Mengganti Oli Mesin Potong Rumput
Cara Mengganti Oli Mesin Potong Rumput - Mengganti oli pada mesin potong rumput secara rutin, merupakan satu hal penting dan wajib dilakukan dalam upaya perawatan dan menjaga performa mesin. Namun, sebelum melakukan penggantian oli mesin, sebaiknya kita perlu mengetahui jenis-jenis mesin potong rumput, karena tidak semua jenis mesin potong rumput memerlukan penggantian oli mesin.

Pada umunya, mesin potong rumput terdiri dari dua jenis, yaitu mesin potong rumput 2-tak dan 4-tak. Untuk mesin 2-tak, kita tidak perlu mengganti oli mesin, karena mesin tersebut tidak menggunakan oli pelumas. Namun, mesin potong rumput 2-tak menggunakan bensin campur, yaitu perpaduan bensin murni dengan oli samping (oli 2-tak).

Sedangkan pada mesin potong rumput 4-tak menggunakan oli mesin sebagai sistem pelumasan. Sehingga kita harus rutin dalam melakukan penggantian oli pelumas tersebut. Dan bagi yang belum tahu caranya, silahkan simak pembahasan berikut ini mengenai cara mengganti oli mesin potong rumput 4-tak.


Cara Mengganti Oli Mesin Potong Rumput


Seperti yang telah dijelaskan di atas, penggantian oli mesin hanya berlaku pada mesin potong rumput 4-tak. Sebelum melakukannya, sebaiknya sediakan peralatan seperti tang dan wadah penampung oli. Dan langkah-langkah proses penggantian oli pelumas pada mesin potong rumput 4-tak adalah sebagai berikut.

1. Bukalah tutup oli mesin yang berada di bagian belakang, tepatnya di sekitar bagian bawah knalpot. Gunakan tang dan putarlah ke kiri (berlawanan jarum jam) untuk membukanya.

2. Karena pada mesin potong rumput 4-tak tidak ada baut tap oli, maka untuk mengeluarkan oli pada mesin yaitu dengan cara memiringkan posisi mesin hingga oli dapat keluar sampai habis. Agar lebih tuntas, bisa sambil disemprot dengan angin kompresor.

3. Setelah itu, isilah dengan oli mesin 10W30 sebanyak 0,1 liter. Atau kita dapat memeperkirakan sendiri dengan melihat dari lubang oli, jika ketinggian oli telah mencapai mulut lubang pengisian, tandanya kapasitas oli mesin telah cukup.

4. Jika oli telah terisi, pasang kembali tutup olinya. Selesai.

Bagaimana? mudah sekali bukan, itulah panduan cara mengganti oli mesin potong rumput. Jangan sampai salah ya, hanya mesin potong rumput 4-tak yang dapat diganti oli. Semoga bermanfaat.