Pengertian Power Tools Dan Jenis - Jenisnya

pengertian+power+tools
Pengertian Power Tools Dan Jenis - Jenisnya

Pengertian Power Tools Dan Jenis - Jenisnya - Power Tools adalah peralatan yang dioperasikan dengan menggunakan sumber tenaga yang berasal dari sumber penyedia tenaga. Dengan kata lain, pengertian power tools dapat didefinisikan sebagai peralatan tenaga yang sumber tenaganya bukan dari tenaga manusia, melainkan memanfaatkan energi listrik, pneumatik (udara/gas), serta hidrolik untuk menggerakannya. Tanpa adanya sumber penyedia tenaga, power tools tidak dapat dipergunakan.

Sumber tenaga yang digunakan untuk menggerakan power tools antara lain ialah motor elektrik yang bersumber dari arus listrik, mesin pengapian internal serta udara yang terkompresi (compressed air). Sumber tenaga lain yang dapat dimanfaatkan untuk menggerakan power tools yaitu tenaga mesin uap ataupun mesin pembakaran langsung yang menggunakan bahan bakar. 

Contoh power tools seperti drill, grinder, impact, pneumetic screwdriver, air hammer, dan air chisel. Jenis-jenis power tools tersebut digunakan untuk mempermudah serta mempercepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Tanpa menggunakan power tools, akan memerlukan waktu yang lama untuk melakukan pengeboran pada benda ataupun part, melepas baut, memotong benda, maupun ketika memasang part baru. Sehingga, power tools sanggup menghemat banyak waktu dan lebih efektif jika digunakan dengan benar dan tepat. Tetapi akan beresiko jika salah dalam penggunaannya. 

Power tools merupakan salah satu perkakas yang sangat menunjang dan memudahkan dalam suatu pekerjaan, karena dapat menghemat waktu dan tenaga dalam pemakainnya. Perlengkapan ini tidak di operasikan manual seperti halnya hand tools. Power tools digunakan untuk mempercepat suatu pekerjaan. Di bawah ini merupakan jenis-jenis power tools yang sering di gunakan dalam pekerjaan. 



Jenis - Jenis Power Tools Dan Fungsinya


  • Hand Drill (Bor Tangan)
pengetian+power+tools
Hand Drill (Bor Tangan)

Adalah power tools yang berfungsi untuk membuat lubang pada suatu benda. Bor tangan itu sendiri memiliki banyak sekali jenis sesuai penggunaanya, namun mayoritas penggunaannya biasanya hanya memakai satu jenis bor untuk seluruh pekerjaan. Dalam pengoperasian bor tangan ada yang menggunakan baterai, bor tangan tersedia dengan kabel atau pun yang disambungkan pada angin (kompresor). 

  • Hand Grinder (Gerinda Tangan) 
pengetian+power+tools
Hand Grinder (Gerinda Tangan)

Merupakan salah satu jenis power tools yang berfungsi untuk menghaluskan material tertentu. Tidak hanya itu, gerinda tangan juga bisa digunakan untuk mengkilapkan serta memotong permukaan material tertentu sesuai mata gerinda yang digunakan. Jenis mata gerinda tergantung pada fungsinya masing- masing, mulai dari yang berperan sebagai ampelas, pemotong batu ataupun resibon, sampai berbentuk kain yang digunakan untuk polishing. Grinda tangan menggunakan whell atau piringan dalam pengoperasiannya yang berputar dan dapat diganti-ganti. 

  • Impact Wrench (Kunci Impact) 
pengertian+power+tools
Impact Wrench (Kunci Impact)

Adalah salah satu jenis perkakas power tools yang umumnya digunakan untuk membuka mur ataupun baut dengan sangat cepat. Sedangkan kunci impact yang memiliki ukuran besar digunakan khusus untuk membuka mur ataupun baut yang tingkat kekencangannya sangat kuat. Kunci impact memiliki berbagai jenis, bentuk serta ukuran untuk penggunaan yang berbeda-beda. Dan yang paling sering digunakan yaitu jenis tuas dan pistol.

  • Pneumetic Screwdriver( Obeng Pneumetik) 
pengertian+power+tools
Pneumetic Screwdriver (Obeng Pneumetik)

Merupakan salah satu jenis power tools yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan servis oleh para mekanik di bengkel otomotif. Pada dasarnya, obeng penumetik kerap digunkan pada scrup yang memiliki tingkat pengencangan yang besar. Cara menggunakan obeng penumetik hampir sama dengan kunci impact, yang membedakannya hanya bentuk dan ukurannya saja. 

  • Air Chisel 
pengertian+power+tools
Air Chisel

Adalah salah satu jenis power tools yang fungsinya hampir sama seperti jack hammer (tool pelubang beton), namun memiliki cycling rate yang lebih cepat. Air chisel merupakan perkakas yang digunakan untuk memutus daun baut. Pada umumnya,  air chisel ini membutuhkan pelumasan. Oleh sebab itu, mayoritas workshop pasti memiliki automatic oiler yang dipasang di dalam sistem air supply. Namun jika workshop tidak memyediakan automatic oiler atau jika automatic oiler sedang tidak berfungsi, maka air chisel ini perlu dilumasi setiap hari. Masukkan beberapa tetes oli ke dalam inlet air chisel saat sebelum dan sesudah digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian power tools dan jenis-jenisnya beserta masing-masing fungsinya. Semoga bermanfaat.