Penyebab Oli Mesin Diesel Bercampur Air

penyebab+oli+mesin+diesel+bercampur+air
Penyebab Oli Mesin Diesel Bercampur Air
Penyebab Oli Mesin Diesel Bercampur Air - Postingan kali ini akan membahas tentang penyebab oli mesin bercampur dengan air. Hal ini bisanya ditandai oleh oli mesin yang berubah warna menjadi putih. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Penggunaan mesin diesel dalam jangka waktu yang lama, akan menyebabkan beberapa komponen di dalamnya mengalami kerusakan. Dan salah satunya adalah masalah masuknya air pendingin ke dalam ruang oli. Sehingga menjadikan air bercampur dengan oli mesin yang dapat mengakibatkan masalah besar.

Penyebab oli mesin diesel bercampur dengan air adalah o-ring cylinder liner rusak (pecah). Meskipun o-ring tersebut terbuat dari karet mentah yang tahan panas, bukan berarti tidak dapat rusak. Hal itu tentu saja bisa terjadi karena pengaruh dari suhu panas dinding block cylinder yang mencapai 600 ⁰C ketika terjadi pembakaran. Sehingga, lama-kelamaan pun akan meleleh dan pecah.

O-ring cylinder liner merupakan gelang karet penyekat antara ruang air pendingin dan ruang oli mesin. O-ring ini terletak pada alur cylinder blok yang berhimpitan dengan crankcase. Sementara itu, crankcsae merupakan tempat dimana oli mesin . Jika o-ring tersebut rusak, maka air akan mengalir ke ruang oli dan bercampur dengan oli mesin.

Cara Mengatasi Oli Mesin Diesel Bercampur Air


Setelah mengetahui penyebab dari oli mesin diesel yang bercampur dengan air, kita juga harus bisa menemukan solusi perbaikannya. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan mengganti o-ring cylinder liner.

Adapaun langkah-langkah dalam melepas dan memasang o-ring cylinder liner pada mesin diesel adalah sebagai berikut.

1. Lepasakan cylinder head beserta komponen yang ada di dalamnya.

2. Buka tutup cover crankcase untuk melepaskan baut connection road (tangkai piston).

3. Kemudian ambil piston dari block cylinder.

4. Lepaskan block cylinder dari crankcase.

5. Lepaskan o-ring cylinder yang telah rusak yang menempel pada alur block cylinder.

6. Bersihkan alur o-ring dan juga tempat dudukan block cylinder yang berada pada crankcase.

7. Pasang o-ring liner baru, usahakan raya dan tidak melintir.

8. Olesi tempat dudukan block cylinder dengan oli melumas, kemudian pasang kembali block cylinder tersebut pada crankcase.

9. Setelah block cylinder terpasang, cek dengan mengisi air pendingin pada radiator dan pastikan tidak ada kebocoran air pada dinding crankcase.

10. Setelah itu, rangkai kembali bagian-bagian yang telah dilepas sebelumnya secara berurutan dengan benar. Selesai.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab oli mesin diesel bercampur air dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.