Penyebab Mesin Gerinda Tangan Bau Gosong

mesin+gerinda+bau+gosong
Penyebab Mesin Gerinda Tangan Bau Gosong
Penyebab Mesin Gerinda Tangan Bau Gosong - Pasti pernah ada yang mengalami ketika sedang memotong menggunakan mesin gerinda tangan, tiba-tiba tercium bau gosong yang kemudian diikuti oleh keluarnya asap dari celah-celah mesin gerinda. Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab mesin gerinda bau gosong tersebut?

Mesin gerinda yang mengeluarkan bau gosong merupakan salah satu kerusakan yang serius pada sebuah mesin gerinda. Masalah tersebut biasanya diikuti dengan badan mesin menjadi panas. Sehingga, jika mengalami kendala seperti ini, maka sebaiknya hentikan menggunakan mesin gerinda dan biarkan beberapa saat agar panasnya menjadi hilang. Kemudian segera bawa ke tukang servis untuk diperbaiki.

Salah satu penyebab bau gosong yang keluar pada mesin gerinda adalah karena adanya hubungan arus pendek pada bagian rotor dan stator. Namun, hal itu tentu saja karena dipengaruhi oleh beberapa komponen yang telah mengalami kerusakan sebelumnya. Dan berikut merupakan bagian-bagian mesin gerinda tangan yang menjadi penyebab mesin gerinda berbau gosong.

Penyebab Mesin Gerinda Bau Gosong


1. Bearing Armature Rusak


Kerusakan bearing armature gerinda tangan bisa berupa seret atau kocak. Jika hal tersebut dibiarkan saja, maka lama-kelamaan bearing tersebut hancur yang menyebabkan armature bergesekan keras dengan stator.

Hal tersebut tentu saja mengakibatkan terjadinya hubungan arus pendek dan menyebabkan armature dan stator terbakar. Dan pergesekan tersebut menyebabkan bau gosong yang menyengat disertai dengan kepulan asap.

Oleh sebab itu, jika ada yang mulai aneh pada suara atau getaran pada mesin gerinda, sebaiknya lakukan pengecekan secepatnya. Agar tidak permasalahannya tidak menjalar luas yang dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

2. Stator Bocor


Kebocoran pada stator tidak dapat dilihat secara langsung dengan mata. Kita hanya bisa mengeceknya menggunakan multitester. Stator bocor biasanya disebkan oleh adanya benda/kotoran yang masuk ke dalam mesin gerinda.

Kotoran yang berada di dalam ruang pergerakan armature akan berputar mengikuti putaran mesin yang pada akhirnya menyentuh gulungan stator dan menyebabkan gulungan tersebut terkelupas. Sehingga aliran listrik pada stator menjadi keluar dan menyebabkan armature terbakar dan berbau gosong.

3. Adanya Kabel Yang Terbakar


Penggunaan mesin gerinda dalam jangka waktu lama tanpa istirahat, mengakibatkan kabel mesin gerinda menjadi panas yang mengakibatkan pembungkus kabel meleleh/terkelupas. Dan jika kabel yang telah terkelupas bersentuhan dengan kabel yang terkelupas lainnya, tentu saja akan terjadi hubungan singkat arus listrik. Jika terjadi seperti itu, maka akan muncul bau gosong akibat korsleting listrik.

Itulah beberapa penyebab mesin gerinda tangan bau gosong. Semoga bermanfaat. Terima kasih.