Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar

penyebab+mesin+cuci+tidak+berputar
Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar
Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar - Kerusakan pada mesin cuci dapat terjadi kapan saja bagi penggunanya. Dan salah satu masalah yang sering terjadi yaitu mesin cuci tidak mau berputar ketika akan digunakan. Lalu, apa penyebab mesin cuci tidak berputar tersebut?

Mesin cuci yang tidak berputar biasanya hanya mendengung ketika dihidupkan. Atau kasus lain yang hampir mirip seperti kadang berputar kadang tidak. Sehingga, kita harus cermat dalam menentukan penyebabnya agar dapat mengatasinya.

Ada beberapa penyebab yang memungkinkan terjadinya mesin cuci tidak berputar. Penyebab yang paling sering ditemukan adalah kapasitas cucian terlalu banyak, sehingga terjadi overload yang memberatkan putaran dinamo. Dan pada akhirnya mesin cuci pun tidak dapat berputar.

Penyebab mesin cuci tidak berputar karena overload kapasitas tersebut masih tergolong jenis kerusakan ringan. Karena kita dapat mengatasinya dengan cara mengurangi pakaian yang berada di dalam tabung mesin cuci.

Namun, jika setelah mengambil beberapa pakaian dan mesin cuci tak kunjung berputar, berarti ada masalah lain yang menjadi penyebabnya. Sehingga kita harus memeriksa bagian-bagian pada mesin cuci yang sangat rentan menjadi penyebab mesin cuci tidak berputar.


Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar


1. Vanbelt Kendor (Sudah Longgar)


Vanbelt adalah bagian mesin cuci yang berfungsi sebagai penghubung dinamo penggerak dengan as tabung pencuci. Penggunaan mesin cuci dalam jangka panjang, menjadikan vanbelt tersebut kendor atau longgar. Sehingga akan terjadi selip dan menyebabkan tabung mesin cuci tidak berputar.

Untuk mengatasi vanbelt yang longgar, caranya menggeser penyetelnya untuk mengencangkannya kembali. Jangan menyetel vanbelt terlalu kencang agar tidak merusak gearbox. Namun, jika tingkat kekenduran vanbelt sudah parah, sebaiknya ganti dengan yang baru.

2. Saklar Pintu Mesin Cuci Rusak


Pintu mesin cuci tidak hanya berfungsi sebagai penutup, namun juga bertugas sebagai saklar pengaman. Karena terlalu sering dibuka dan ditutup, maka saklar pintu mesin cuci tersebut sangat rentan rusak yang menyebabkan mesin cuci tidak berputar.

Kerusakan saklar pintu ini biasanya ditandai oleh mesin cuci yang kadang berputar dan kadang tidak. Oleh sebab itu, jika mengalami gejala tersebut, periksalah saklar yang berada pada engsel pintu. Jika menemukan adanya saklar yang rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.

3. Kabel Mesin Cuci Terkelupas


Mesin cuci memang sangat rentan dimasuki tikus. Dan biasanya tikus tersebut suka menggigit kabel hingga terkelupas. Kabel yang terkelupas tersebut menyebabkan mesin cuci kadang hidup kadang mati.

Oleh sebab itu, jika mesin cuci tidak berputar, periksalah jalur kabel mulai dari kabel power dan kabel-kabel lainnya yang berada di dalam mesin cuci. Jika ada kabel yang terkelupas, sambunglah kembali dan bungkus dengan isolatip untuk menghindari korsleting listrik.

4. Stop Kontak Bermasalah


Mesin cuci yang tidak berputar juga dapat disebabkan oleh stop kontak (colokan listrik) yang bermasalah. Stop kontak yang bermasalah menyebabkan aliran listrik yang mengalir dari sumber listrik menjadi tidak lancar.

Dalam beberapa kasus yang terjadi, stop kontak tersebut terbakar karena kualitasnya yang kurang bagus. Oleh sebab itu, jika akan memasang stop kontak untuk mesin cuci, gunakanlah stop kontak yang berkualitas bagus.

5. Dinamo Mesin Cuci Rusak


Kerusakan dinamo yang menyebabkan mesin cuci tidak berputar dapat diklarifikasikan menjadi dua, yaitu kerusakan tahap ringan dan kerusakan parah.

Kerusakan ringan pada dinamo penggerak dapat ditandai dari mesin cuci hanya mendengung ketika dihidupkan. Penyebab masalah ini adalah kapasitor sudah tidak berfungsi. Sehingga perlu melakukan penggantian pada kapasitor tersebut.

Sedangkan kerusakan parah pada dinamo mesin cuci adalah kumparan terbakar. Penyebab kumparan terbakar tersebut biasanya karena kemasukan air atau adanya kotoran yang masuk ke dalam dinamo. Jika dinamo mesin cuci terbakar, maka kita harus mengganti dinamo tersebut dengan yang baru.

Itulah beberapa penyebab mesin cuci tidak berputar. Jika anda mengalaminya, periksalah pada bagian-bagian yang telah disebutkan tadi. Semoga bermanfaat. Terima kasih.