Jenis - Jenis Kipas Angin

jenis+jenis+kipas+angin
Jenis - Jenis Kipas Angin
Jenis - Jenis Kipas Angin - Di zaman sekarang ini, hampir seluruh rumah memiliki kipas angin dengan berbagai macam jenis dan ukuran. Karena perangkat ini memang sangat diperlukan untuk menghasilkan udara yang sejuk ketika cuaca sedang panas. Selain itu, kipas angin ini juga sering dimanfaatkan sebagai sirkulasi udara pada suatu ruangan agar kesegaran udaranya tetap terjaga.

Mengingat pentingnya fungsi kipas angin tersebut, maka kita perlu mengetahui jenis-jenis kipas angin yang ada dipasaran. Agar suatu saaat jika kita ingin membeli kipas angin, kita sudah memiliki gambaran seperti apa kipas angin yang akan dibeli. Jangan sampai salah beli, misalnya kita akan membeli kipas angin dinding, malah yang dibeli adalah kipas angin ventilator.

Ada bermacam-macam jenis kipas angin, diantaranya yaitu kipas angin meja, kipas angin berdiri, kipas angin, dinding, kipas angin gantung, kipas angin langit-langit, dan lain sebagaianya. Untuk lebih lengkapnya, simak uraian berikut ini mengenai jenis-jenis kipas angin dan masing-masing gambarnya.

Jenis - Jenis Kipas Angin Dan Gambarnya


1. Kipas Angin Meja (Desk And Table Fan)

jenis+jenis+kipas+angin
Kipas Angin Meja
Dalam penggunaannya, kipas angin meja memang sering diletakan di atas meja. Bentuknya kecil dan memiliki penyangga yang pendek. Kipas angin ini merupakan jenis kipas angin portable yang dapat dipindahkan ke tempat sesuai keinginan.

2. Kipas Angin Duduk (Floor Fan)

jenis+jenis+kipas+angin
Kipas Angin Duduk (Floor Fun)
Kipas angin duduk adalah jenis kipas angin yang tidak memiliki penyangga. Biasanya berbentuk kotak dan sering diletakan di lantai. Sehingga sering juga disebut dengan kipas angin lantai.

3. Kipas Angin Berdiri (Standing Fan)

jenis+jenis+kipas+angin
Kipas Angin Berdiri
Dinamakan kipas angin berdiri karena memang jenis kipas angin ini memiliki batang penyangga yang cukup tinggi. Batang penyangga tersebut dapat di atur ketinggiannya sesuai keperluan.

4. Kipas Angin Dinding (Wall Fan)

jenis+jenis+kipas+angin
Kipas Angin Dinding
Kipas angin dinding atau kipas angin gantung merupakan jenis kipas angin yang pemasangannya di tempelkan di dinding. Meskipun begitu, kipas angin ini masih tergolong dalam jenis portable. Karena masih dapat dipindahkan dengan memindah letak gantungannya.

5. Kipas Angin Langit - Langit (Ceilling Fan)

jenis+jenis+kipas+angin
Kipas Angin Langit - Langit
Sedikit berbeda dengan kipas angin lainnya, kipas angin langit-langit merupakan jenis kipas angin permanen (tidak bisa dipindah-pindahkan). Dengan baling-baling yang cukup besar, jenis kipas ini mampu menghembuskan angin di dalam satu ruangan.

6. Kipas Angin Ventilasi (Exhouse Fan)

jenis+jenis+kipas+angin
Exhouse Fun
Exhouse dan merupakan jenis kipas angin permanen yang tertanam di dinding. Fungsi kipas angin ini yaitu sebagia ventilasi atau tempat pertukaran udara dari dalam keluar atau sebaliknya. Oleh sebab itu, kipas angin ventilasi ini memiliki dua putaran arah yang berbeda.

7. Kipas Angin Mini Portable

jenis+jenis+kipas+angin
Kipas Angin Mini Portable
Kipas angin mini adalah jenis kipas angin yang memiliki bentuk kecil dan penggunaannya dipegang dengan tangan. Kipas angin ini menggunakan batere yang bisa di charging (isi ulang). Sehingga sangat praktis dan dapat di bawa kemana saja.

8. Kipas Angin Air Cooler

jenis+jenis+kipas+angin
Kipas Angin Air Cooler
Seiring berkembangnya zaman, ada juga jenis kipas angin yang dapat menyemburkan percikan air ketika dihidupkan. Kipas angin tersebut adalah kipas angin air cooler. Dimana jenis kipas angin ini memiliki tabung yang dapat diisi dengan air dingin.

9. Kipas Angin Multifungsi

jenis+jenis+kipas+angin
Kipas Angin Multifungsi
Kipas angin multifungsi merupakan perpaduan desain antara kipas angin duduk, kipas angin berdiri dan kipas angin gantung. Sehingga kilas angin jenis ini dapat difungsikan di lantai ataupun digantung di dinding.

Itulah beberapa jenis-jenis kipas angin yang sering dipakai pada umumnya. Setelah mengentahui berbagai macam jenis kipas angin seperti di atas, pasti sudah bisa menentukan kipas angin seperti apa yang kira-kira dibutuhkan di rumah.