Fungsi Tang Kombinasi

fungsi+tang+kombinasi
Fungsi Tang Kombinasi
Fungsi Tang Kombinasi - Tang kombinasi merupakan jenis tang yang paling umum dan sering ditemukan di rumah atau di bengkel. Sesuai dengan namanya, fungsi tang kombinasi sangat beragam. Diantaranya yaitu untuk memegang, membengkok, memutar dan memotong benda.

Kegunaan tang kombinasi ini telah disesuaikan berdasarkan bentuk rahangnya yang memiliki bermacam-macam bentuk. Dan bentuk rahang tang kombinasi ini terbagi menjadi tiga, yaitu lurus bergerigi, cekung bergerigi, dan lurus tajam. Dari ketiga bentuk tersebut memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

Bentuk lurus bergerigi berfungsi untuk memegang benda, menekuk plat, dan membengkokan kawat. Bentuk cekung bergerigi bertugas untuk menjepit benda bulat, seperti besi bulat, pipa kecil, mur, dan baut. Sedangkan bagian lurus tajam digunakan untuk memotong kawat atau kabel.

Cara penggunaan tang kombinasi ini juga bervariasi. Ada yang perlu ditekan, dilekukan, dan diputar. Semua itu tergantung dari benda yang akan dikerjakan. Misalnya ketika akan memotong kawat, maka kita perlu tenaga untuk menekan gagang tang hingga kawatnya terpotong.

Atau disaat akan membengkokan plat menggunakan tang kombinasi ini. Setelah plat dijepit pada ujung rahang, maka kita harus menekuk posisi tang sesuai lekukan besar sudut plat yang diinginkan.

Namun, ketika menggunakan tang kombinasi untuk membuka baut atau mur. Kita harus melakukannya dengan cara mencengkeram dan memutar kepala baut atau mur yang akan dilepas.

Demikanlah penjelasan mengenai fungsi tang kombinasi. Silahkan share jika bermanfaat. Terima kasih.