Fungsi Tang Buaya Dan Cara Menggunakannya

fungsi+tang+buaya
Fungsi Tang Buaya Dan Cara Menggunakannya
Fungsi Tang Buaya Dan Cara Menggunakannya - Tang Buaya (locking plier/vice grip) adalah jenis tang yang memiliki baut pengunci (locking) pada bagian gagangnya. Fungsi tang buaya ini adalah untuk memegang dan mengunci benda. Karena, jika penguncinya telah ditekan, maka benda akan terjepit dengan kuat tanpa harus memegang gagang tangnya.

Struktur bagian pada tang buaya berupa rahang tetap, rahang pengunci, baut pengunci dan tuas pembuka. Dan bagian-bagian tersebut memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

Tang buaya ini biasanya digunakan untuk mencengkeram benda yang tidak boleh bergoyang pada pengerjaanya. Misalnya, pada saat kita akan menggerinda sebuah benda. Agar benda tersebut tidak geser dari tempatnya, maka digunakanlah tang buaya untuk menjepitnya.

Selain itu, fungsi tang buaya ini juga sering dipakai untuk menjepit kabel massa pada mesin las. Dengan mengunci kabel massa pada benda yang akan dilas, maka koneksi menjadi kuat tanpa khawatir terlepas.

Cara Menggunakan Tang Buaya

fungsi+tang+buaya
Fungsi Tang Buaya Dan Cara Menggunakannya
Cara menggunakan tang buaya ini juga sangat mudah. Jika kita akan menjepit benda dengan tang buaya, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Langkah pertama adalah memasukan benda ke dalam rahangnya.

2. Kemudian atur baut pengunci sambil menekan gagang tang dan memperkirakan kekuatan cengkeramannya.

3. Setelah itu, tekan gagang tang hingga berbunyi klik yang menandakan tang telah mengunci.

4. Untuk melepaskan cengkeramannya, cukup tekan tuas pembuka yang berada diantara gagang tang ke bawah.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi tang buaya dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.