Fungsi Kunci Inggris

fungsi+kunci+inggris
Fungsi Kunci Inggris
Fungsi Kunci Inggris - Kunci inggris adalah kunci yang juga merupakan pelengkap peralatan bengekl. Fungsi kunci inggris adalah untuk membuka atau mengencangkan baut dan mur dengan moment kekencangan yang tidak terlalu berat. Namun, biasanya kunci ini hanya digunakan untuk ukuran kepala bautnya tidak ada yang sesuai dengan kunci pas atau kunci ring. Karena, kunci inggris ini memiliki mulut rahang yang dapat diatur jarak kerenggangannya.

Kontruksi kunci inggris ini terdiri dari gagang kunci, ulir penyetel rahang, rahang tetap dan rahang geser. Dan bagian-bagian tersebut memili tugas dan fungsi masing-masing dalam penggunaannya. Gagang kunci berfungsi sebagai tuas ayun, ulir penyetel bertugas membuka dan memutup mulut rahang. Sedangkan rahang tetap dan rahang geser digunakan untuk mengunci kepala baut yang akan dilepas atau dikencangkan.

Ukuran kunci inggris ini berupa satuan inchi. Dan memiliki ukuran mulai dari 4 inchi sampai 24 inchi. Sedangkan untuk jarak main (maksimal) pada rahang kunci inggris berkisar antara 1/2 inchi (13 mm) sampai 7/16 inchi (62 mm) tergantung dari ukuran kunci inggrisnya. Misalnya kita akan menggunakan kunci inggris 4 inchi yang memiliki jarak maksimal rahang 13 mm. Maka, ukuran baut di atas 13 mm tidak dapat dibuka dengan kunci inggris 4 inchi tersebut.

Cara menggunakan kunci inggris ini harus diperhatikan dengan benar. Karena penggunaan yang salah dapat merusak kepala baut menjadi bulat (rusak). Pastikan posisi kedua rahang berada pada sisi sejajar baut yang akan dibuka. Jangan sampai menempatkan rahang kunci inggris tersebut pada bagian sudut kepala baut. Dan pastikan juga kedua rahang telah mengunci kepala baut dengan sempurna (jangan sampai longgar).

Selain itu, kita juga harus memperhatikan arah rahang tetap pada saat menggunakan kunci inggris tersebut. Jika kita akan membuka baut dengan memutar arah ke kiri, maka tempatkan posisi rahang tetap berada di sebelah kiri. Begitu sebaliknya, jika kita akan mengencangkan baut dengan memutar ke arah kanan, maka tempatkan mulut rahang tetap berada di sebelah kanan.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi kunci inggris. Semoga bermanfaat.