Cara Mengganti Kabel Mesin Gerinda Tangan

cara+mengganti+kabel+mesi+gerinda+tangan
Cara Mengganti Kabel Mesin Gerinda Tangan
Cara Mengganti Kabel Mesin Gerinda Tangan - Postingan kali ini akan membahas tentang cara mengganti kabel gerinda tangan. Bagi yang akan mengganti kabel pada mesin gerinda, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Mengganti kabel mesin gerinda tangan biasanya dilakukan karena ukuran panjangnya sudah terlalu pendek. Sehingga, mesin gerinda susah menjangkau benda yang jauh dari sumber listrik.

Selain itu, penggantian kabel pada mesin gerinda juga disebabkan karena kabel telah terbakar. Hal ini menyebabkan mesin gerinda terkadang hidup dan mati sendiri karena serat tembaganya telah gosong dan tidak dapat mengalirkan arus listrik dengan baik.

Untuk mengganti kabel mesin gerinda yang rusak, sebaiknya ganti dengan kabel yang berkualitas bagus agar kekuatannya terjamun dan tahan lama. Dan untuk caranya yaitu sebagai berikut.


Cara Mengganti Kabel Mesin Gerinda Tangan


Ini Sanga penting, pastikan mesin gerinda tidak terhubung ke sumber listrik sebelum membongkarnya. Dan untuk langkah-langkah mengganti kabel pada mesin gerinda tangan yaitu :

1. Buka tutup mesin bagian belakang dengan melepas baut penguncinya.

2. Kemudian, lepaskan satu kabel power yang terhubung ke saklar. Kemudian lepaskan kabel power yang satunya lagi yang menuju jalur stator.

3. Setelah kedua kabel terlepas, pasang kabel yang baru. Masukan terlebih dahulu ke lubang yang ada di tutup mesin bagian belakang.

4. Kemudian hubungkan kabel sesuai jalur pada nomer 2. Yaitu satu jalur ke saklar dan satu jalur menghubung ke jalur kabel stator. Setelah selesai menyambung, bungkuslah dengan isolatip agar lebih aman.

5. Rapihkan posisi kabel dan tutup kembali covernya serta kencangkan baut penguncinya. Kemudian, periksalah apakah kabel telah tersambung dengan menggunakan multitester. Setelah itu, cobalah untuk menghidupkan mesin gerinda tangan. Selesai.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menyambung kabel mesin gerinda tangan. Semoga bermanfaat.