Bagian - Bagian Bosch Pump Mesin Diesel

bagian-bagian bosch pump mesin diesel
Bagian - Bagian Bosch Pump Mesin Diesel
Bagian - Bagian Bosch Pump Mesin Diesel - Bosch pump merupakan bagian mesin diesel yang berfungsi untuk menekan bahan bakar solar yang kemudian diteruskan ke injektor untuk dikabutkan dan dikirim ke ruang pembakaran.

Untuk memenuhi fungsinya, bosch pump memiliki bagian-bagian penting untuk melakukan kerjanya. Dan berikut merupakan bagian-bagian yang ada di dalam bosch pump mesin penggerak diesel beserta fungsinya.


Bagian - Bagian Bosch Pump Mesin Diesel Dan Fungsinya


Di bawah ini merupakan gambar skema bagian-bagian bosch pump mesin diesel beserta fungsinya.

bagian-bagian bosch pump mesin diesel
Bagian - Bagian Bosch Pump Mesin Diesel
1. Delivery Valve Holder

Delivery valve holder merupakan bagian dari bosch pump yang terletak paling ujung. Fungsinya sebagai pintu keluar dan untuk tempat penghubung saluran pipa (HPP) yang menuju ke injektor.

2. Spring Delivery Valve

Spring delivery valve merupakan bagian dari bosch pump berupa pir pegas yang digunakan untuk mengontrol buka tutup delivery valve. Spring ini terletak di dalam delivery valve holder.

3. Delivery Valve Ring

Delivery Valve Ring adalah bagian bosch pump berupa ring tembaga yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran antara jarak delivery valve dengan Plunger.

4. Delivery Valve

Delivery Valve merupakan bagian yang ada di dalam bosch pump berupa pintu (Valve) yang dapat membuka dan menutup oleh tekanan bahan bakar yang dipompa oleh plunger. Fungsinya yaitu untuk mengatur kapasitas bahan bahan yang keluar dari bosch pump.

5. Control Rack

Bagian bosch pump selanjutnya yaitu control rack. Control rack ini berfungsi untuk menggerakkan gear pinion yang berfungsi untuk mengatur bahan bakar solar yang masuk ke bosch pump.

6. Control Slever / Gear Pinion

Control slever atau gear pinion merupakan bagian dari bosch pump yang berfungsi sebagai tempat dudukan tuas plunger. Tuas plunger tersebut akan berputar ke kanan dan ke kiri yang dikontrol oleh control rack untuk mengatur banyaknya bahan bakar yang akan dipompa oleh plunger.

7. Plunger

Plunger merupakan inti dari bagian bosch pump. Pulnger inilah yang bertugas memompa (membuat tekanan) sehingga bahan bakar solar yang keluar dari bosch pump berupa aliran solar bertekanan tinggi yang dapat mencapai 2000 bar.

8. Spring Plunger

Bagian bosch pump berikutnya yaitu spring plunger. Spring plunger ini berupa pegas yang berfungsi untuk mengembalikan tuas plunger ke posisi semula setelah melakukan pemompaan.

9. Tappet

Dan yang terkahir dari bagian bosch pump adalah tappet. Tappet inilah yang bergesekan langsung dengan cam shaft (noken as) dan menggerakkan tuas plunger bergerak maju mundur untuk melakukan penekanan pada bahan bakar.

Itulah penjelasan mengenai bagian-bagian bosch pump pada mesin diesel beserta fungsinya. Semoga bermanfaat.