Cara Memasang Saklar Gantung Untuk Lampu

cara memasang saklar gantung untuk lampu
Cara Memasang Saklar Gantung Untuk Lampu
Cara Memasang Saklar Gantung Untuk Lampu - Ada banyak jenis saklar yang sering digunakan pada instalasi kelistrikan. Salah satunya yaitu saklar gantung. Saklar ini sering dipasang di rumah untuk menyalakan alat-alat listrik, seperti lampu, mesin pompa air, dan lain- lain.

Saklar gantung itu sendiri merupakan jenis saklar tunggal berukuran kecil. Memiliki cara kerja yang sama dengan saklar pada rangkaian seri, yaitu memutus dan menyambung salah satu rangkaian jalur kabel.

Dengan kontruksi yang sederhana, cara pemasangan saklar gantung ini pun sangat mudah. Namun, bagi yang belum tahu cara menginstalasinya, silahkan mengikuti panduan berikut ini tentang bagaimana cara memasang saklar gantung untuk lampu.


Cara Memasang Saklar Gantung Untuk Lampu


Mengaplikasikan saklar gantung dengan lampu caranya mudah. Sebelum melakukan praktik langsung, dalam pemasangan saklar gantung, silahkan sediakan peralatan seperti berikut ini :

- Obeng
- Kabel
- Tang Pemotong Kabel
- Isolatip
- Saklar Gantung
- Fiting Lampu
- Lampu

Setelah semua peralatan listrik terkumpul, sebaiknya matikan terlebih dahulu MCB pada meteran listrik. Agar lebih aman dan menghindari efek kesetrum. Jika listrik sudah padam, mulailah pemasangan saklar gantung seperti langkah-langkah berikut :

cara memasang saklar gantung untuk lampu
Cara Memasang Saklar Gantung Untuk Lampu
1. Ambil kabel dan potong sesuai keperluan dengan menggunakan tang pemotong kabel. Lalu, kupas ujung kabel tersebut dan sambungkan ke fitting lampu dengan obeng.

2. Potonglah kabel lagi dengan panjang yang dikehendaki untuk disambungkan ke saklar gantung. Lakukan seperti cara menyambung kabel pada fitting lampu.

3. Sambungkan salah satu ujung kabel dari fitting ke jalur kabel netral PLN. Kemudian, sambungkan ujung lainnya ke salah satu kabel yang menuju saklar gantung.Setelah itu, sambungkan ujung kabel saklar gantung lainnya ke jalur kabel phase PLN.

4. Pasang lampu pada fitting. Dan hidupkan kembali MCB pada meteran PLN. Kemudian cobalah untuk menyalakan lampu dengan saklar gantung yang telah terpasang. Selesai.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memasang saklar gantung untuk lampu. Dan pastikan posisi saklar gantung tersebut berada di jalur kabel phase PLN. Agar terhindar dari kesetrum ketika mengganti lampu atau menginstalasi jalur baru. Semoga bermanfaat.