Mesin Serutan Es Listrik Dan Manual

mesin serut es manual
Mesin Serutan Es Manual
Mesin Serutan Es Listrik Dan Manual - Postingan kali ini akan membahas tentang perbedaan mesin serutan es listrik dan manual. Faktor apa saja yang membedakannya? Simak uraian berikut ini sampai selesai.

Mesin serut es adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghaluskan es balok menjadi butiran serbuk es. Alat ini sering dipakai oleh para penjual minuman dingin untuk melembutkan es yang akan dicampurkan dengan minuman.

Berdasarkan penggerak yang digunakan, mesin serutan es ini memiliki dua macam variasi. Yaitu mesin serutan es manual dan mesin serutan es elektrik.

Dari kedua jenis mesin serut es tersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca ulasan berikut ini mengenai perbedaan mesin serutan es manual dan mesin serutan listrik. 

Mesin Serutan Es Listrik Dan Manual


1. Mesin Serutan Es Listrik


mesin serutan es listrik
Mesin Serutan Es Listrik
Mesin serutan es listrik adalah mesin penggiling es yang menggunakan energi listrik. Jenis ini lebih praktis dan efisien. Karena cukup menaruh es batu yang masih balokan ke dalam mesin tersebut. Setelah menghubungkan mesin serutan es listrik tersebut ke sumber listrik, maka es balok tersebut akan di giling habis hingga menjadi serbuk es yang lembut yang siap digunakan sesuai kebutuhan. 

Kelebihan Mesin Serutan Es Listrik

- Dalam pengoperasiannya menggunakan energi listrik, sehingga sangat mudah dan cepat.
- Tidak perlu memerlukan tenaga untuk menyerut es.
- Alatnya terbilang kecil sehingga mudah di bawa kemana saja.
Kekurangan Mesin Serut Es Listrik

- Menggunakan tenaga listrik sehingga tidak dapat diopersikan di area yang jauh dari sumber listrik.
- Perlu perawatan ke tukang servise jika mengalami kerusakan.
- Harganya lebih mahal dari mesin serut es manual (biasa).

2. Mesin Serutan Es Manual


mesin serutan es manual
Mesin Serutan Es Manual
Mesin serutan es manual ini yaitu mesin penggiling es yang dioperasikan dengan menggunakan tenaga tangan manusia (manual). Sehingga memerlukan waktu untuk memutar alat serut es manual ini. Salah satu merk terkenal dari mesin serut es manual ini yaitu swan yang memang telah terbukti ketangguhannya.

Kelebihan Mesin Serutan Es Manual

- Tidak menggunakan energi listrik, sehingga dapat menghemat keperluan listrik.
- Perawatannya mudah dan sederhana.
- Harganya lebih murah dari pada mesin serut es listrik.
Kekurangan Mesin Serutan Es Manual

- Memerlukan waktu tenaga dalam pengoperasiannya.
- Alatnya cukup besar dan berat.
Demikianlah ulasan mengenai perbedaan mesin serutan es listrik dan mesin serutan es manual. Jadi sebelum membeli alat ini, sesuaikan keuangan dan kebutuhannya. Semoga bermanfaat, terima kasih.