Komponen Mesin Gerinda Duduk Dan Fungsinya

komponen mesin gerinda duduk dan fungsinya
Komponen Mesin Gerinda Duduk Dan Fungsinya
Komponen Mesin Gerinda Duduk Dan Fungsinya - Mesin gerinda duduk merupakan jenis mesin gerinda yang diam ketika dioperasikan, sedangkan benda kerjanya yang bergerak. Berbeda dengan mesin gerinda tangan, dimana mesin gerinda akan bergerak menyesuaikan bentuk benda kerja.

Fungsi mesin gerinda duduk antara lain untuk membentuk benda kerja sesuai keinginan, membuang bram (sisa cetakan logam), dan juga sering digunakan untuk mengkilapkan permukaan benda kerja. Baik yang memiliki permukaan rata atau pun bergelombang tidak beraturan.

Komponen mesin gerinda duduk pada dasarnya sama dengan bagian-bagian mesin gerinda tangan. Komponen tersebut memiliki bagian-bagian yang akan menjalankan putaran mata gerinda. Dan berikut ini merupakan nama komponen mesin gerinda duduk dan fungsinya.

Komponen Mesin Gerinda Duduk Dan Fungsinya


1. Tombol Switch (Saklar)

Tombol switch atau saklar adalah bagian dari mesin gerinda duduk yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan putaran mesin. Tombol switch ini berada di bagian depan mesin, dimaksudkan agar memudahkan dalam mengoperasikan mesin gerinda duduk tersebut.

2. Dinamo Penggerak

Sumber penggerak dari mesin gerinda duduk yaitu dinamo atau eletromotor. Pada dinamo penggerak tersebur biasanya dilengkapi dengan adanya kapasitor starting yang berfungsi sebagai pengangkat awal putaran mesin gerinda duduk tersebut.

3. As Dudukan Mata Gerinda

Dudukan mata gerinda pada mesin gerinda duduk sebenarnya juga merupakan as dinamo yang melebar keluar. Pada kedua ujung as tersebut berupa ulir yang bertujuan untuk memudahkan dalam pemasangan mata gerinda. Dan juga dilengkapi dengan mur pengencang pada setiap ujung as dudukan tersebut.

4. Mika Pelindung

Pada area dudukan mata gerinda, akan terpasang penutup dan mika (kaca plastik). Mika tersebut berfungsi sebagai pelindung dari percikan gesekan mata gerinda dengan benda kerja ketika mesin gerinda duduk tersebut dihidupkan.

5. Mata Gerinda

Mata gerinda merupakan bagian paling utama dari mesin gerinda duduk. Dengan mata gerinda inilah kita dapat mengasah, membentuk, mengkilapkan, dan membersihkan sisa cetakan pada besi tuang. Jenis dari mata gerinda duduk ini sangat beragam sesuai dengan kebutuhannya. Dan contoh dari jenis mata gerinda duduk, antara lain :

- Mata Gerinda Asah

Mata gerinda asah ini terbuat dari serbuk pasir yang melekat pada setiap roda mata gerinda. Mata gerinda asah ini digunakan untuk membentuk, mengasah, dan membersihkan bram (sisa cetakan besi).

- Mata Gerinda Serat


Mata gerinda serat ini terbuat dari serat-serat kayu yang memiliki permukaan halus. Jenis mata gerinda ini biasanya dipakai untuk mengkilapkan permukaan benda kerja yang memiliki permukaan rata.

- Mata Gerinda Kain

Jenis berikutnya yaitu mata gerinda kain. Sesuai dengan namanya, mata gerinda ini terbuat dari setumpukan kain yang didesain khusus untuk menghaluskan dan mengkilapkan benda kerja yang permukaannya tidak rata (bergelombang).

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai komponen mesin gerinda duduk dan fungsinya. Serta beberapa fungsi mata gerinda duduk yang sering digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Semoga bermanfaat.