Bagian - Bagian Karburator Dan Fungsinya

bagian-bagian karburator dan fungsinya
Bagian - Bagian Karburator Dan Fungsinya
Bagian - Bagian Karburator Dan Fungsinya - Karburator merupakan bagian mesin bensin yang memiliki fungsi sebagai penyuplai bahan bakar ke dalam blok silinder untuk proses pembakaran. Untuk menjalankan tugasnya, karburator memiliki bagian-bagian penting dalam mencapur udara dan bahan bakar. Sehingga, perpaduan kedua elemen tersebut dapat mudah terbakar oleh nyala busi.

Cara kerja karburator ini adalah memanfaatkan pipa kapiler yang terhisap udara. Dengan adanya udara yang mengalir di atasanya, maka bahan bakar yang berada di bawahnya akan naik terbawa oleh udara dan menjadi percikan yang sangat halus. Dan proses ini sering disebut dengan pengkabutan bahan bakar.

Perjalanan bensin dan udara di dalam karburator tersebut, tentu juga melewati proses dari yang sedemikian rupa dari bagian-bagian karburator tersebut. Dan bagian-bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing dalam mengkomposisikan campuran antara udara dan bahan bakar. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini mengenai bagian-bagian karburatro dan fungsinya.


Bagian - Bagian Karburator Dan Fungsinya


1. Intake Manifold

Intake manifold merupakan tempat menempelnya karburator. Selain sebagai dudukan, intake manifold ini juga berfungsi sebagai saluran masuknya bahan bakar menuju ruang kompresi.

2. Mangkuk Penampung

Bahan bakar akan mengalir ke dalam karburator, akan tertampung dalam sebuah tempat yang disebut  dengan mangkuk penampung. Kapasitas bahan bakar yang tersimpan pada mangkuk penampung, dikendalikan oleh valve yang digerakan oleh pelampung.

3. Jarum Karburator

Pada setiap karburator pasti terdapat sebuah bagian yang berbentuk seperti jarum yang berfungsi sebagai pintu masuk bahan bakar ke dalam mangkuk penampung. Jarum karburator ini akan membuka jika kapasitas bensin pada mangkuk penampung berkurang. Dan akan menutup kembali jika mangkuk telah terisi penuh oleh bensin.

4. Pelampung Karburator

Pelampung karburator merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengatur takaran bahan bakar di dalam mangkuk penampung karburator. Pelampung karburator inilah yang akan memberi tekanan jarum karburator jika mangkuk penampung telah terisi penuh oleh bahan bakar.

5. Pilot jet

Pilot jet atau sering disebut spuyer berfungsi sebagai jalur keluar bahan bakar menuju ruang kompresi. Pilot jet ini berupa pipa yang memiliki lubang-lubang (celah-celah) yang berdiameter sangat kecil.

6. Jet Needle

Jet needle merupakan pasangan dari pilot jet. Jet needle ini berfungsi sebagai valve dan mengatur komposisi bahan bakar yang menuju ruang kompresi.

7. Choke

Choke merupakan sebuah pintu udara yang terdapat di bagian depan karburatro. Choke ini dapat dibuka dan ditutup. Fungsi choke karburatro ini yaitu sebagai jalur masuknya udara. Namun, juga berfungsi sebagai pemicu pada saat menghidupkan mesin dalam keadaan dingin.

8. Throtle Valve

Throtle valve merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengatur keluarnya bahan bakar yang menuju ruang kompresi. Throtle valve ini dapat berupa jarum yang menghimpit spuyer atau pun daun pintu yang dapat membuka dan menutup ketika tuas gas dimainkan.

Demikianlah uraian pembahasan mengenai bagian-bagian karburator dan fungsinya. Semoga bisa menambah ilmu yang bermanfaat. Terima kasih.