Cara Mengganti Saklar Mesin Bor

cara mengganti saklar mesin bor
Cara Mengganti Saklar Mesin Bor
Cara Mengganti Saklar Mesin Bor - Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada mesin bor listrik adalah tombol saklar mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut bisanya dikarenakan oleh tombol saklar yang sudah tidak dapat menyambungkan ke sumber tegangan, sehingga akan mengakibatkan mesin bor tersebut tidak dapat dihidupkan.

Pada dasarnya, saklar adalah alat penyambung dan pemutus tegangan. Oleh karena itu, alat ini memiliki pengaruh yang sangat penting pada mesin bor tangan. Selain itu, dengan adanya tombol saklar, sangat memudahkan kita dalam mengidupkan atau mematikan mesin bor tersebut.

Jika terjadi masalah saklar tidak berfungsi pada mesin bor tangan, salah satu jalan terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan mengganti saklar yang telah rusak tersebut dengan saklar yang baru. Karena saklar pada mesin bor listrik merupakan rangkaian yang dibuat secara tertutup permanen.

Sebelum mengganti dan memasang saklar mesin bor, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu  mengenai bagian-bagian mesin bor tangan. Dan jika akan mengganti saklar mesin bor, pastikan saklar pengganti tersebut normal dan memiliki bentuk yang sama dengan saklar yang akan diganti.

Cara Mengganti Saklar Mesin Bor


1. Bukalah baut pengunci kerangka mesin bor tangan dengan menggunakan obeng atau kunci bintang ( tergantung dari jenis kepala bautnya ).

2. Kemudian bukalah kerangka mesin bor listrik tersebut secara perlahan - lahan. Jika susah untuk dibuka, kita bisa menggunakan ujung obeng min ( − ) untuk mencukilnya tanpa merusak kerangka mesin bor tersebut.

3. Setelah itu, ambilah saklar yang akan diganti dan lepaskan semua kabel yang melekat pada saklar tersebut sambil memperhatikan saluran kabelnya agar tidak salah dalam pemasangannya.

4. Pasanglah kabel yang terlepas tadi pada saklar yang baru. Dan pastikan terpasang dengan benar sesuai dengan posisi sebelum dilepaskan tadi.

5. Tempatkan saklar yang telah terkait kabel tersebut pada tempatnya. Dan rapihkanlah kabel - kabel yang lain agar tidak terjepit pada saat memasang kerangka mesin bor.

6. Tutupkan atau pasang kembali kerangka mesin bor dengan benar. Kemudian kencangkan dengan baut penguncinya. Selesai.

Sebelum mencoba untuk menghidupkan mesin bor listrik yang telah diganti saklarnya tersebut, sebaiknya lakukanlah pengecekan terlebih dahulu dengan menggunakan multitester. Jika sudah benar, barulah kita menancapkan kabel power ke sumber listrik dan mencoba menghidupkannya.

Begitulah langkah - langkah dalam cara mengganti saklar mesin bor. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.