Cara Mengecas Aki Yang Benar

cara mengecas aki yang benar
Cara Mengecas Aki Yang Benar
Cara Mengecas Aki Soak Yang Benar - Aki atau accu merupakan alat yang berfungsi untuk menyimpan tegangan listrik yang berupa elektrokimia dalam kapasitas tertentu. Berdasarkan unsur kimianya, aki dibedakan menjadi 2 macam yaitu aki kering dan aki basah.

Aki yang terdapat pada kendaraan bermotor seperti motor dan mobil dapat kita isi ulang ( di cas ) ketika aki tersebut tekor atau habis. Sehingga apabila mendapati aki yang tekor, kita tidak perlu terburu - buru untuk membeli yang baru selama aki tersebut masih dapat di cas.

Aki yang tekor atau kapasitas tegangannya berkurang dapat kita tandai dari menurunnya voltase listrik pada aki tersebut ketika dicek menggunakan multitester. Atau dapat kita lihat dari kendaraan yang kita hidupkan tak kunjung hidup.

Untuk melakukan pengecasan pada aki yang tekor atau habis, terlebih dahulu kita harus memiliki cas aki. Cas aki tersebut dapat kita dapatkan dengan membeli atau membuat / merangkai cas aki sendiri. Dan untuk melakukan pengecasan aki, Anda alat mengikuti langkah - langkah berikut ini.

Cara Mengecas Aki Yang Benar


1. Sediakan alat cas aki dan pastikan cas aki tersebut dalam keadaan normal dan tidak rusak.

2. Aturlah semua tombol pada cas aki tersebut. Jika akan mengecas aki motor, aturlah pada voltase 12 volt. Namun jika akan mengecas aki mobil, aturlah pada voltase 24 volt. Jika ingin mempercepat  proses pengecasan, aturlah pada tombol HI. Begitu sebaliknya jika ingin memperlambat proses pengecasan agar pengisian dapat maksimal, aturlah pada tombol LOW.

3. Setelah pengaturan selesai, jepitkan kabel pengecasan warna merah pada aki di bagian positif ( + ) dan kabel warna hitam di bagian negatif ( – ).

4. Kemudian tancapkan kabel power ke sumber listrik dan nyalakan tombol powernya. Serta nyalakan juga tombol start pengecasan.

5. Untuk pengisian aki motor, waktu yang dibutuhkan sekitar 3 - 4 jam. Dan untuk aki mobil sekitar 10 - 12 jam.

6. Setelah proses pengecasan selasai ( indikator cas aki berada di angka 0 ), matikanlah tombol start pengecasan dan tombol powernya. Kemudian cabut kabel powernya dari sumber listrik dan lepaskan juga kedua jepitan kabel yang melekat pada aki.

Begitulah kira - kira cara mengecas aki yang benar. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.