Cara Mengecek Tekanan Solar Mesin Diesel

cara+cek+tekanan+solar+mesin+diesel
Cara Mengecek Tekanan Solar Mesin Diesel
Cara Mengecek Tekanan Solar Mesin Diesel - Tekanan solar mesin diesel sangat mempengaruhi hidup dan tidaknya mesin diesel. Oleh karena itu, sebelum menghidupkan mesin diesel, cek tekanan solarnya hingga bunyi tekanan terdengar bagus.

Tekanan solar mesin diesel yang bagus, dapat di ketahui dari bunyi pancaran nozzle keras ketika mesin diengkol (diputar). Hal itu di dasari oleh pancaran solar yang memantul pada piston.

Hal yang mempengaruhi bagus atau tidaknya tekanan solar mesin diesel adalah pompa solar mesin diesel. Jika pompa solar tersebut rusak, maka bahan bakar tidak akan naik ke nozzle. Dan akibatnya mesin diesel susah dihidupkan.

Komponen pompa solar mesin diesel itu sendiri terdiri dari bosch pump dan nozzle. Oleh karena itu, jika tekanan solar pada mesin diesel lemah atau hilang. Cek lah kedua bagian tersebut dan perbaikilah jika mengalami kerusakan.

Untuk mengecek tekanan solar pada mesin diesel, dibutuhkan kejelian dalam mengamati bagian bosch pump dan nozzle. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini mengenai cara mengecek tekanan solar pada mesin diesel.


Cara Mengecek Tekanan Solar Mesin Diesel


Tekanan solar yang bagus, dapat kita dengarkan pada saat mesin diesel yang hendak dihidupkan. Tekanan solar tersebut akan berbunyi keras dan beraturan di dalam silinder head pada saat mengengkol mesin diesel.

Cara lain untuk mengecek tekanan solar pada mesin diesel yaitu dengan melihat langsung pancaran solar yang keluar. Caranya dengan melepas rumah nozzle dari silinder head dan meletakkannya di luar mesin diesel. Tekanan solar yang bagus akan terlihat dari pancaran yang kencang dan berkabut.

Kencang atau tidaknya pancaran nozzle tersebut dapat kita rasakan dengan meletakan permukaan tangan kita tepat di depan nozzle. Jika tekanan solar bagus, maka telapak tangan kita akan terasa sedikit sakit oleh pancaran solar tersebut.

Jika mendapati tekanan solar yang kurang bagus, langkah yang pertama yaitu menyetel baut setelan spindle nozzle yang berada di ujung rumah nozzle. Putarlah baut setelan tersebut dengan menggunakan obeng.

Jika tekanan solar kurang kencang maka putarlah ke kanan sampai tekanan solarnya menjadi kencang dan bagus. Namun jika tetap tidak menemui pancaran yang kencang, periksalah bagian spindle nozzle dan nozzle. Jika mendapati kerusakan pada kedua bagian tersebut, lakukan penggantian dengan yang baru.

Hal harus dilakukan jika tekanan solar kurang bagus yaitu  mengecek bosch pump. Untuk mengetahui bagus tidaknya tekanan bosch pump, dapat dilakukan dengan melepas pipa HPP yang menuju nozzle. Kemudian engkol mesin dan letakan jari tangan pada lubang bosch pump tersebut.

Bosch pump yang masih bagus akan terlihat dari solar yang memancar kuat dari lubang bosch pump tersebut. Lalu bagaimana jika tekanan bosch pump lemah?

Caranya yaitu dengan membongkarlah bosch pump. Perhatikan bagian plunger dan delivery valve.  Jika kedua bagian tersebut aus, maka tekanan solar akan lemah. Sehingga perlu diganti dengan yang baru. Selain itu, cek juga ring delivery. Apabila ring delivery aus, maka gantilah dengan yang baru.

Begitulah ulasann mengenai cara mengecek tekanan solar pada mesin diesel dan hal apa saja yang perlu dicek ketika tekanan solar mesin diesel hilang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih.