Jenis - Jenis Mata Bor Dan Fungsinya

jenis+jenis+mata+bor
Jenis - Jenis Mata Bor Dan Fungsinya

Jenis - Jenis Mata Bor Dan Fungsinya - Mata bor adalah suatu alat yang digunakan untuk membuat lubang pada benda. Diantara jenis-jenis benda yang dapat dilubangi dengan mata bor seperti plastik, kayu, besi, dinding, kaca, beton, dan lain sebagainya. Dan untuk membuat lubang pada benda-benda tersebut, kita harus menggunakan jenis mata bor yang sesuai fungsinya.

Mata bor memiliki banyak sekali jenis dan ukuran lubang yang dapat dibuat dengan menggunakan mesin bor. Dari berbagi macam jenis mata bor, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebelum membuat lubang, kita harus benar-benar tepat dalam memilih mata bor yang digunakan agar proses pengeboran berjalan lancar, cepat, dan mudah.

Kesalahan dalam menentukan jenis mata bor, dapat merusak mata bor itu sendiri atau pun benda yang dilubangi. Misalnya kita akan membuat lubang pada kaca, maka kita harus menggunakan mata bor kaca, jika memaksa menggunakan mata bor kayu atau besi, tentu saja kaca tersebut akan pecah. Untuk lebih jelas dalam penggunaan mata bor, silahkan simak uraian berikut ini mengenai jenis-jenis mata bor dan masing-masing fungsinya.

Jenis - Jenis Mata Bor Dan Fungsinya


Setiap bahan atau material yang akan dilubangi menggunakan mesin bor, tentu saja memiliki tingkat kekuatan yang berbeda-beda. Dan hal tersebut tidak mungkin bisa dilakukan dengan jenis mata bor yang sama. Oleh sebab itulah setiap produsen mata bor memproduksi berbagai macam jenis mata bor sesuai fungsinya masing-masing. Dan berikut ini merupakan jenis-jenis mata bor dan fungsinya masing-masing.

  • Mata Bor Twist Bits
jenis+jenis+mata+bor
Twist Bits


Mata bor twist bits adalah mata bor yang dapat digunakan pada mesin bor tangan dan mesin bor duduk, baik dignakan pada posisi vertikal maupun horizontal. Mata bor jenis ini merupakan yang paling banyak digunakan. Ukuran yang tersedia yaitu antara 4 sampai 12 mm. Jenis material yang dapat dilubangi menggunakan mata bor twist bits ini seperti kayu, plastik, dan logam. 

  • Mata Bor Masonry Bits
jenis+jenis+mata+bor
Masonry Bits

Mata bor masonry bits adalah mata bor yang digunakan untuk membuat lubang pada bahan-bahan seperti tembok, beton dan batu. Pada ujung mata bor jenis ini terdapat sebuah mata pisau yang terbuat dari bahan yang memiliki karakteristik sangat keras. Selain berputar, fungsi mata bor masonry bits juga sebagai pemukul. Ukuran yang tersedia pada mata bor masonry bits ini yaitu antara 4 sampai 15 mm.

  • Mata Bor Spur Bits
jenis+jenis+mata+bor
Spur Bits

Mata bor spur bits juga sering dikenal dengan nama mata bor kayu. Mata bor jenis ini memiliki bagian ujung runcing dan pada bagian kelilingnya terdapat pisau pengiris material. Bagian ujung yang runcing berfungsi untuk menjaga mata bor agar tepat lurus sehingga lubang yang dihasilkan pun lebih presisi. Ukuran yang tersedia pada mata bor spur bits yaitu antara 6 sampai15 mm.

  • Mata Bor Countersink Bits
jenis+jenis+mata+bor
Countersink Bits

Mata bor countersink bits merupakan jenis mata bor yang digunakan untuk membuat lubang pada kayu sebagai tempat kepala sekrup atau baut agar permukaannya sama rata. Bagian ujung mata bor countersink bits ini memiliki sudut 90 derajat yang berfungsi sebagai pengatur posisi mata bor pada saat membuat lubang 45 derajat terhadap permukaan kayu.

  • Mata Bor Forster Bit
jenis+jenis+mata+bor
Foster Bits

Mata bor forster bit adalah mata bor yang digunakan untuk membuat lubang engsel sendok. Penggunaan jenis mata bor ini sangat disarankan menggunakan mesin bor duduk agar hasil yang diperoleh lebih stabil. Jika digunakan pada mesin bor tangan, maka akan kesulitan dalam mengendalikan kestabilan posisi mata bor, sehingga lubang yang dihasilkan kurang maksimal.

  • Mata Bor Hole Saw Bits
jenis+jenis+mata+bor
Hole Saw Bits

Mata bor hole saw bits sering disebut juga dengan mata bor gergaji, karena memiliki bentuk seperti gergaji dengan berbagai macam ukuran diameter yang dapat disesuaikan menurut kebutuhan. Ukuran diameter pada mata bor hole saw bits ini yaitu antara 25 sampai 60 mm.

  • Mata Bor Metal Standar
jenis+jenis+mata+bor
Metal Standart

Mata bor metal standar merupakan jenis mata bor yang digunakan untuk mengebor material seperti plat besi, kuningan, alumunium, dan akrilik. Berdasarkan kekuatannya, mata bor jenis ini memiliki dibedakan menjadi dua jenis, yaitu High Speed Steel (HSS) dan HSS-Co (Cobalt), dimana HSS-Co lebih keras dari HSS. Sehingga harganya pun lebih mahal, namun dalam penggunaannya lebih awet dibandingkan HSS.

  • Mata Bor Auger Bit
jenis+jenis+mata+bor
Auger Bit

Mata bor auger bit adalah mata bor yang digunakan untuk mengebor material lunak, seperti aneka jenis kayu dan lainnya. Mata bor ini memiliki bentuk ulir tunggal atau single flute yang digunakan pada mesin bor dengan putaran rendah. Diameter jenis mata bor ini lebih besar dibandingkan dengan mata bor kayu standar. 

  • Mata Bor Flat Bit
jenis+jenis+mata+bor
Flat Bit

Mata bor flat bit ini memiliki fungsi yang sama dengan mata bor auger bit, yaitu digunakan untuk membuat lubang pada aneka jenis kayu dan material lunak lainnya. Perbedaanya yaitu mata bor flat bit ini memiliki bentuk pipih rata (flat). Penggunaan mata bor flat bit biasa dioperasikan dengan bor tangan manual yang memiliki putaran mesin sangat rendah, dan tidak disarankan untuk dioperasikan dengan bor listrik.

  • Mata Bor Hinge Borring Bit
jenis+jenis+mata+bor
Hinge Borring Bit

Mata bor hinge borring bit merupakan jenis mata bor yang digunakan untuk membuat lubang pada material yang lunak seperti kayu dan lainnya. Pada umumnya, mata bor ini digunakan untuk membuat lubang dengan diameter yang cukup besar, dimana sudah tidak ada lagi ukuran diameter yang dimiliki oleh mata bor kayu standar.

  • Mata Bor Chisel Bit
jenis+jenis+mata+bor
Chisel Bit

Mata bor chisel bit adalah mata bor yang digunakan untuk membuat lubang berbentuk kotak pada material kayu. Mata bor jenis ini dioperasikan dengan menggunakan mesin hollow chisel mortiser. mata bor chisel bit ini juga sering disebut dengan nama mata bor bobok.

  • Mata Bor Mortiser Bit
jenis+jenis+mata+bor
Mortiser Bit

Mata bor mortiser bit adalah mata bor yang digunakan untuk membuat lubang geser pada bahan kayu. Jenis mata bor ini dioperasikan dengan menggunakan mesin mortising.

  • Mata Bor Router Bit
jenis+jenis+mata+bor
Router Bit

Mata bor router bit adalah mata bor yang digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk profile pada kayu. Mata bor ini memiliki bermacam-macam variasi bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan. Mata bor router bit ini dioperasikan dengan menggunakan mesin router atau trimmer atau mesin profil.

  • Mata Bor Kaca
jenis+jenis+mata+bor
Mata Bor Kaca

Mata bor kaca adalah mata bor yang khusu digunakan untuk melubangi material kaca. Bentuk dari mata bor kaca ini mirip seperti sebuah tombak, oleh sebab itu mata bor ini sering disebut dengan nama mata bor tombak.

  • Hole Saw Metal
jenis+jenis+mata+bor
Hole Saw Metal

Mata bor hole saw metal merupakan jenis mata bor yang digunakan untuk membuat lubang pada metal (logam) dengan diameter tertentu. Penggunaan hole saw metal ini biasanya untuk membuat diameter lubang yang cukup besar.

  • Mata Bor Core Drill Bit
jenis+jenis+mata+bor
Core Drill Bit

Mata bor core drill bit hampi mirip dengan mata bor hole saw metal, namun jenis mata bor ini digunakan untuk membuat lubang pada material beton, dinding, marmer, granit dan berbagai jenis batuan lainnya dengan diameter tertentu. Penggunaan mata bor ini biasanya digunakan untuk membuat lubang dengan diameter yang cukup besar.

Itulah beragam jenis-jenis mata bor dan fungsinya masing-masing. Pastikan menggunakan mata bor sesuai penggunaanya agar tida terjadi masalah yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.