Jenis - Jenis Power Tools Dan Fungsinya

jenis+jenis+power+tools
Jenis - Jenis Power Tools Dan Fungsinya
Jenis - Jenis Power Tools Dan Fungsinya - Pengertian power tools atau peralatan tenaga adalah suatu peralatan yang dioperasikan atau digerakan dengan menggunakan tenaga yang berasal dari sumber penyedia tenaga (energi). Tanpa adanya sumber penyedia energi, maka power tools tidak dapat dipergunakan. Contoh jenis-jenis power tools antar lain yaitu impact, drill, air hammer, dan die grinder.

Secara umum, fungsi power tools yaitu untuk mempercepat dalam menyelesaikan pekerjaan. Sebagai contoh ketika kita melakukan pengeboran dengan cara manual, tentu saja butuh waktu yang lama. Dengan menggunakan power tools seperti mesin bor listrik tentu saja dapat menghemat banyak waktu jika dilakukan dengan benar, tetapi dapat berbahaya jika salah dalam penggunaannya.

Macam-macam sumber energi yang dapat digunakan pada power tool diantaranya yaitu elektro motor yang memiliki sumber arus listrik, udara yang terkompresi (compressed air), mesin pengapian internal, dan tenaga hidrolik (pneumetis). Dan berikut merupakan beberapa fungsi dari jenis power tools yang sering digunakan pada pekerjaan sehari-hari.

Jenis - Jenis Power Tools Dan Fungsinya


Ada banyak sekali jenis power tools yang ada di pasaran. Dan setiap power tools tersebut memiliki fungsi masing-masing. Dan berikut adalah beberapa jenis power tools yang paling sering dijumpai dalam pekerjaan di bengkel-bengkel atau pun di pabrik-pabrik otomotif.

1. Hand Grinder

jenis+jenis+power+tools
Hand Grinder
Hand grinder atau gerinda tangan adalah jenis power tools yang memiliki multifungsi, seperti untuk memotong, untuk menghaluskan atau meratakan benda, dan juga untuk mengkilapkan permukaan material tertentu. Mesin gerinda tangan menggunakan batu gerinda yang memiliki fungsi masing-masing, mulai dari batu gerinda yang berfugsi sebagai ampelas, batu atau resibon, sampai kain yang digunakan untuk polishing.

2. Hand Drill

jenis+jenis+power+tools
Cordless Drill
Hand drill atau bor tangan adalah jenis power tools yang berfungsi sebagai alat untuk membuat lubang. Mesin bor tangan memiliki banyak jenis mata bor sesuai kegunaannya masing-masing. Namun, biasanya kita hanya menggunakan satu jenis saja untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Diantara jenis-jenis mesin bor tangan yaitu elektric hand drill (menggunakan kabel), cordless drill (menggunakan batrei), dan air drill (menggunakan angin kompresor).

3. Portable Impact Wrench

jenis+jenis+power+tools
Impact Wrench
Portable impact wrench atau kunci impact adalah jenis power tools yang digunakan untuk mengendorkan atau mengencangkan baut/mur dengan sangat cepat. Alat ini sering digunakan di bengkel-bengkel dan pabrik otomotif. Portable impact wrench tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran sesuai penggunaannnya masing-masing. Diantara dua jenis yang paling sering dijumpai yaitu bentuk pistol dan tuas.

4.Obeng Pneumatik

jenis+jenis+power+tools
Obeng Pneumetik
Obeng penumetik atau pneumetik screwdriver adalah jenis power tools yang digunakan untuk memudahkan beberapa pekerjaan para mekanik di bengkel. Obeng pneumetik ini digunkan pada sekrup atau baut yang mempunyai pengencangan dengan torsi yang tinggi. Obeng pneumetik memiliki fungsi yang hampir sama dengan impact wrench.

5. Air Chisel

jenis+jenis+power+tools
Air Chisel
Air chisel adalah jenis power tools yang berfungsi sebagai pemahat. Cara kerjanya hampir sama dengan jackhammer (alat pelubang beton), tetapi cycling rate lebih cepat. Sedangkan bentuknya menyerupai impact wrench, namun kepala memiliki kepala socket yang berbeda.

Sama seperti air tools lainnya, air chisel ini memerlukan pelumasan yang teratur. Sebelum dan sesudah menggunakannya, teteskan beberapa oli ke dalam inlet yang ada pada air chisel.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa dari jenis-jenis power tools dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.