Cara Pasang Saklar Lampu Rumah Sendiri

cara+pasang+saklar
Cara Pasang Saklar Lampu Sendiri
Cara Pasang Saklar Lampu Rumah Sendiri - Lampu merupakan alat penerangan di dalam rumah yang sangat penting. Apalagi untuk menunjang kegiatan sehari-hari, terutama di malam hari. Untuk menjaga agar instalasi listrik tetap mengalir dengan baik, kita perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya yaitu dengan melakukan pemeriksaan rutin pada saklar, karena komponen listrik tersebut sering tidak berfungsi dengan baik. Dan apabila terdapat saklar yang sudah mulai rusak, maka sebaiknya mengganti dengan yang baru. Namun, jika belum pernah melakukannya atau tidak tahu bagaimana cara pasang saklar lampu, silahkan iktui terus artikel ini, karena akan membahas cara pasang saklar lampu di rumah yang benar.

Jika melihat orang yang sudah ahlinya, dalam memasang saklar lampu sepintas terlihat mudah. Dan hal itu pun dapat kita lakukan sendiri jika telah mengetahui caranya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam memasang saklar yang benar. Seperti pemasangan saklar tunggal maupun saklar ganda, meskipun prinsip kerjanya sama, tetapi cara pemasangannya berbeda. Dan berikut merupakan beberapa langkah dalam cara pasang saklar lampu yang dapat dilakukan sendiri di rumah agar memperloh hasil yang maksimal.

Sebelum melakukan penggantian saklar, langkah awal yang perlu kita lakukan yaitu mempersiapkan beberapa peralatan yang akan digunakan seperti :

  • kabel
  • saklar lampu
  • pipa pelindung kabel
  • klem pipa
  • obeng
  • tang
  • tespen
  • isolasip

Setelah persiapan alat dan bahan selesai, lakukanlah pemasangan saklar dengan penuh hati-hati dengan memperhatikan beberapa hal seperti di bawah ini.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Pasang Saklar Lampu


Dalam melakukan pembongkaran pemasangan saklar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan perlu diterapkan sebagai faktor keamanan dan saat memasang saklar lampu. Kita semua pasti tahu bahwa memasang saklar lampu pasti berkaitan dengan arus listrik. Jadi, apabila tidak diperhatikan dengan benar, maka dapat membahayakan diri sendiri, misalnya efek kesetrum atau tergores alat lainnya. Dan berikut ini merupakan beberapa langkah yang perlu diterapkan dalam upaya keselamatan kerja pada saat memasang lampu.

  • Pastikan tegangan listrik yang ada di rumah telah dimatikan sebelum memulai proses penggantian saklar. Dan lakukan pengecekan dengan menggunakan tespen.
  • Pastikan kedua tangan dalam keadaan kering dan selalu menggunakan alas kaki pada saat memasang saklar lampu. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek kesetrum arus listrik.
  • Pastikan juga alat-alat yang digunakan untuk melakukan proses memasang saklar dalam kondisi tidak rusak. Tujuannya yaitu untuk menghindari terjadinya korsleting listrik.
  • Sebaiknya lepaskan kotak sekering agar tidak ada orang yang salah menggunakannya dan simpanlah di tempat yang aman selama proses pemasangan saklar berlangsung.
  • Dan hal penting yang tidak boleh diabaikan dalam cara pasang saklar lampu di rumah yaitu selalu tetap berhati-hati dan waspada. Dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi dan selalu mengecek menggunakan tespen maka dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi.

Cara Pasang Saklar Lampu Rumah Sendiri


Langkah-langkah cara pasang saklar lampu di rumah sendiri yaitu :

1. Matikan Sumber Listrik


Langkah pertama yaitu mematikan sumber listrik yang ada di rumah, yaitu dengan menggeser MCB yang ada pada kWh meteran ke posisi nol (0). Untuk memastikan apakah aliran listrik sudah mati atau belum, dapat menggunakan tespen untuk mengeceknya. Kita dapat melakukan dengan memasukan tespen ke dalam lubang stop kontak, jika gagang tespen menyala meskipun MCB sudah dimatikan, maka tandanya ada kebocoran listrik. Untuk itu, jangan melakukan pemasangan saklar terlebih dahulu pada kondisi seperti ini. Tunggulah sampai tespen sudah benar-benar tak menyala, barulah kita memulai pembongkaran dan memasang saklar ketika kondisi aliran listrik sudah putus seutuhnya dan sudah aman.

2. Proses Pemasangan Saklar


Langkah yang kedua yaitu melakukan pembongkaran pada saklar yang akan diganti. Kita dapat menggunakan obeng untuk melepaskan sekrupnya terlebih dahulu. Kemudian lepaskan semua kabel yang menempel pada saklar tersebut. Kemudian ambilah saklar yang baru, pasanglah kabel pada saklar tersebut dengan benar, yaitu kabel positif dirangkaikan pada saklar, sedangkan kabel netral untuk jalur menuju lampu.

3. Pengecekan Fungsi Saklar


Setelah pemasangan jalur kabel dari saklar lama ke saklar baru telah selesai, kencangkan setiap kabelnya agar dapat mengalirkan arus listrik dengan maksimal. Jangan lupa untuk membungkusnya dengan isolatip pada sambungan yang baru. Setelah itu, cobalah untuk menghidupkan dan mematikan lampu dan saklar tersebut. Pastikan saklar telah berfungsi dengan baik dan lampu dapat menyala atau pun dipadamkan.

4. Memasang Saklar Ke Dinding


Langkah terakhir yaitu memasang kembali saklar yang telah diganti tersebut ke dinding tempat semula. Pastikan untuk mengencangkan sekrupnya agar tidak lepas. Dan juga memasukan kabel ke dalam pipa pelindung kabel dan tetapkan dengan klem agar lebih rapi dan aman.

Demikianlah pembahasan mengenai cara pasang saklar lampu di rumah sendiri. Semoga bermanfaat.