Cara Mengganti Oli Mesin Diesel Dongfeng

cara+mengganti+oli+mesin+diesel+dongfeng
Cara Mengganti Oli Mesin Diesel Dongfeng
Cara Mengganti Oli Mesin Diesel Dongfeng - Penggantian oli mesin merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam upaya perawatan diesel dongfeng. Karena peranan oli pelumas sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara mengganti oli pada mesin diesel dongfeng.

Setiap mesin memiliki sistem pelumasan yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya tujuan dari pelumasan oli tersebut yaitu agar mesin dapat berakselerasi dengan baik pada putaran lambat maupun putaran tinggi. Oleh sebab itu, oli mesin merupakan komponen penting yang perlu diganti secara rutin agar performa mesin tetap terjaga.

Mesin dongfeng merupakan salah satu mesin yang selalu digunakan untuk menggerakkan beban berat. Agar tenaga yang dihasilkan tetap optimal, maka sebaiknya melakukan penggantian oli dengan teratur. Batas waktu yang disarankan dalam mengganti oli pada mesin diesel yaitu 100 jam pemakaian. Untuk itu, jika waktunya sudah tiba, segeralah melakukan penggantian oli mesin.


Cara Mengganti Oli Mesin Diesel Dongfeng


Sebelum melakukan penggantian oli pada mesin diesel dongfeng, periksalah tipe mesinnya terlebih dahulu. Karena kapasitas oli pada masing-masing tipe mesin memiliki takaran yang berbeda-beda. Dan berikut ini merupakan ukuran takaran oli mesin pada masing-masing tipe mesin diesel dongfeng.

  • Dongfeng R175 (7 PK) = 2 liter

  • Dongfeng R180 (8 PK) = 2,5 liter

  • Dongfeng R100 (10 PK) = 3 liter

  • Dongfeng S195 (12 PK) = 3,5 liter

  • Dongfeng S1100 (16 PK) = 3,5 liter

  • Dongfeng S1110 (20 PK) = 3,5 liter

  • Dongfeng S1115 (24 PK) = 3,5 liter

  • Dongfeng S1125 (30 PK) = 4 liter


  • Setelah mengetahui kapasitas oli mesin pada masing-masing tipe mesin diesel dongfeng seperti di atas, maka dalam mengganti oli mesin pun harus sesuai takarannya masing-masing. Dan untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

    Langkah - Langkah Mengganti Oli Mesin Diesel Dongfeng


    1. Pastikan mesin dalam keadaan dingin, kemudian siapkan kunci-kunci, tang, corong dan wadah sebagai penampung oli bekas.

    2. Letakan wadah tepat di bawah lubang pembuangan oli, kemudian bukalah baut tap oli dengan menggunakan kunci yang sesuai.

    3. Biarkan oli keluar dengan sendirinya. Untuk mempercepat proses pengeluaran oli, bukalah tutup pengisian oli.

    4. Setelah oli keluar semua, semprotkan angin kompresor dari lubang pengisian (jika memungkinkan).

    5. Pasang kembali baut tap oli dan kencangkan dengan kunci yang sesuai.

    6. Isilah oli mesin baru melalui lubang pengisian menggunakan corong sesuai takarannya masing-masing. Kemudian pasang kembali tutup oli dan kencangkan dengan tang. Selesai.

    Begitulah panduan mengenai cara mengganti oli mesin diesel dongfeng. Setelah melakukan penggantian, perikasalah kapasitas oli dengan melihat tuas indikator oli. Pastikan ketinggian oli mesin sesuai dengan batas level maksimal. Semoga bermanfaat.