Penyebab Kompresi Mesin Diesel Hilang

penyebab+kompresi+mesin+diesel+hilang
Penyebab Kompresi Mesin Diesel Hilang
Penyebab Kompresi Mesin Diesel Hilang - Para pengguna mesin diesel pasti pernah mengalami ketika menghidupkan mesin diesel tetapi tak kunjung hidup. Dan roda gila terus berputar tanpa ada tekanan. Penyebab masalah seperti itu adalah hilangnya kompresi pada ruang bakar.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kompresi mesin diesel hilang. Diantaranya yang paling umum adalah boring dan ring piston telah aus. Jika salah satu atau kedua komponen tersebut aus, gantilah dengan yang baru agar kompresi mesin dapat maksimal.

Selain dari ring piston dan boring, ternyata ada beberapa penyebab lain yang dapat menjadi mempengaruhi hilanhnya kompresi pada mesin diesel. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

Penyebab Kompresi Mesin Diesel Hilang


1. Choke Tidak Kembali


Mungkin banyak yang tidak menyadari ketika sedang menghidupkan mesin diesel dan sudah melepas engkol, tetapi tuas choke-nya tidak kembali. Sehingga menyebabkan klep terus tertekan dan mengakibatkan kompresi mesin ngempos tanpa tekanan.

Penyebab choke yang tidak kembali ini biasanya karena pirnya rusak. Untuk itu, jika mengalami masalah seperti ini, perikasalah bagian pir choke. Jika menemukan pir patah atau terlepas, segera perbaiki agar choke dapat segera kembali setelah dilepaskan.

2. Klep Terganjal Kotoran


Kotoran yang masuk melalui intake (saluran hisap) juga sering terjadi pada mesin diesel. Kotoran tersebut biasanya adalah filter udara yang koyak dan terhisap masuk, lalu terganjal pada mulut klep. Klep yang terganjal tersebut tentu saja tidak menutup sempurna, akibatnya kompresi pun tidak dapat terbentuk.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, kita harus melepas cylinder head untuk mengambil serpihan yang mengganjal klep. Jika bekas kotoran tidak membekas pada klep dan siting klep, maka kita dapat langsung memasangnya kembali. Namun, jika bekasnya cukup dalam, kita harus menyekir klep sebelum memasangnya kembali.

3. Ring Nozzle Rusak


Ring nozzle merupakan sebuah ring tembaga yang berfungsi sebagai penyekat antara cylinder head dan rumah nozzle. Jika ring nozzle tersebut rusak, maka rumah nozzle tidak dapat menempel sempurna pada cylinder head. Akibatnya terdapat kebocoran kompresi pada celah keduanya.

Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya ganti ring nozzle dengan yang baru. Namun, jika susah untuk mendapatkannya, kita bisa mengatasinya dengan membungkus ujung rumah nozzle dengan sealtape.

Itulah beberapa penyebab kompresi mesin diesel hilang dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.