Cara Mengganti Klep Tabok Pompa Air

cara+mengganti+klep+pompa+air
Cara Mengganti Klep Tabok Pompa Air
Cara Mengganti Klep Tabok Pompa Air - Klep tabok pada mesin pompa air berfungsi sebagai penahan air agar tidak keluar kembali ke pipa hisap ketika mesin pompa dimatikan. Jika klep tersebut rusak, maka air di dalam ruang mesin pompa akan berbalik kembali ke sumber air. Akibatnya, air akan susah naik jika mesin pompa dihidupkan.

Penggunaan pompa air dalam jangka waktu yang lama, biasanya klep tabok akan mengeras dan mengempis. Sehingga tidak dapat menutup rapat lubang penghisapan air. Sehingga air akan perlahan-lahan keluar dari ruang pompa menuju sumber air yang menyebabkan air tak kunjung naik jika kita menghidupkan mesin pompa air.

Jika mengalami hal seperti di atas, maka untuk mengatasinya yaitu kita harus mengganti klep tabok tersebut dengan yang baru. Dan untuk cara menggantinya, silahkan ikuti panduan yang akan diuraikan berikut ini tentang langkah-langkah mengganti klep tabok pompa air yang telah rusak.


Cara Mengganti Klep Tabok Pompa Air Yang Rusak


Untuk mengganti klep tabok pada pompa air, persiapkan dulu alat dan bahannya seperti klep baru, sealtape, kunci pas, dan kunci pipa. Hal ini bertujuan agar tidak modar mandir mencari alat ketika melakukan penggantian. Dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

1. Pastikan mesin pompa air tidak tersambung ke sumber listrik. Cabut kabelnya dari stop kontak.

2. Bukalah water mur yang berada pada sambungan lubang hisap menggunakan kunci pipa.

3. Kemudian, lepaskan flange (penjepit klep) dengan membuka dua baut penguncinya menggunakan kunci pas.

4. Setelah itu, ambil klep tabok yang lama dan pasang klep yang baru. Pastikan posisi dan arah klep tidak terbalik. Jika terbalik, maka pompa air tidak dapat menghisap air.

5. Jika klep sudah terpasang dengan benar, pasang kembali flange-nya dan kencangkan dengan baut penguncinya.

7. Kemudian, lapisi drat (ulir) flange dengan sealtape untuk mencegah kebocoran.

8. Pasang kembali pipa hisap dan kencangkan water mur dengan kunci pipa. Selesai.

Demikianlah panduan mengenai cara mengganti klep tabok pada mesin pompa air. Semoga bermanfaat.