Penyebab Mesin Chainsaw Mini Susah Hidup

mesin+chainsaw+susah+hidup
Penyebab Mesin Chainsaw Mini Susah Hidup
Penyebab Mesin Chainsaw Mini Susah Hidup - Ada beberapa permasalahan yang sering terjadi pada mesin chainsaw mini. Salah satunya yaitu mesin susah hidup ketika akan menggunakannya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang penyebab mesin chainsaw mini susah hidup.

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab mesin chainsaw mini susah hidup. Sehingga, jika muncul kendala seperti itu, kita harus mengecek beberapa komponen dari mesin chainsaw untuk mengetahui penyebabnya. Apa saja yang perlu dicek? Silahkan simak pembahasan berikut ini.

Penyebab Mesin Chainsaw Mini Susah Hidup


Berikut adalah beberapa komponen mesin chainsaw mini yang kemungkinan mengalami kerusakan dan menjadi penyebab mesin chainsaw susah hidup.

1. Silinder Blok Rusak


Penyebab mesin chainsaw mini susah hidup yang pertama adalah silinder blok rusak. Kerusakan pada silinder blok ini biasanya disebabkan oleh kesalahan percampuran bahan bakar. Kurangnya oli campur akan mengakibatkan silinder blok cepat panas dan mengakibatkan baret atau gancet. Oleh sebab itu, perpaduan bensin dan oli campur harus tepat agar pelumasan pergerakan piston di dalam silinder blok lancar.

2. CDI Lemah / Mati


Mesin chainsaw kecil menggunakan sistem pengapian berupa CDI. Gesekan antara CDI dan magnet akan menghasilkan tegangan listrik yang kemudian di salurkan ke busi. Jika CDI lemah, maka nyala busi menjadi kecil atau mati, sehingga tidak mampu membakar percampuran bahan bakar dan udara dan akibatnya mesin susah dihidupkan atau tidak bisa hidup sama sekali.

3. Busi Mati


Kualitas busi yang kurang bagus menjadikan umur busi tidak bertahan lama. Sehingga, hanya beberapa waktu digunakan akan mati. jika busi mati, otomatis mesin pun tidak dapat dihudupkan. Oleh sebab itu, selalu gunakan busi yang berkualitas bagus agar awet digunakan.

4. Karburator Banjir


Penyebab mesin chainsaw mini susah hidup selanjutnya yaitu karburator banjir. Karburator banjir ini biasanya disebabkan oleh adanya kotoran yang masuk ke dalam karburator dan mengganjal jarum (valve). Sehingga bahan bakar akan terus mengalir ke dalam ruang bakar. Sehingga menyebabkan mesin susah dihidupkan. Oleh sebab itu, bersihkanlah karburator secara berkala agar kondisi mesin tetap terjaga.

5. Aliran Bensin Mampat


Pada mesin chainsaw, ujung selang bensin yang berada di dalam tangki bahan bakar terdapat sebuah filter yang berfungsi untuk menyaring bensin agar terbebas dari kotoran sebelum masuk ke karburator. Jika filter bensin tersebut tersumbat kotoran, maka aliran bahan bakar menjadi mampat. Oleh sebab itu, jika mesin chainsaw susah hidup, periksalah filter bensin tersebut.

Itulah beberapa penyebab mesin chainsaw mini susah hidup. Semoga bermanfaat.