Cara Ganti Oli Mesin Pompa Air Honda

cara+ganti+oli+mesin
Cara Ganti Oli Mesin Pompa Air Honda
Cara Ganti Oli Mesin Pompa Air Honda - Salah satu perawatan pada mesin pompa air honda yang harus dilakukan secara rutin yaitu mengganti oli. Karena, hal itu dapat menjadikan mesin lebih awet dan berumur panjang.

Penggantian oli pada mesin juga sangat penting guna menjaga performa dan kinerja mesin. Dengan kondisi oli pelumas yang selalu baru, pergesekan antara bagian-bagian mesin yang bergerak dapat terminimalisir. Sehingga, getaran yang dihasilkan mesin lebih halus.

Oleh sebab itu, sebagai mesin yang memiliki kegunaan penting dalam urusan pengairan, oli pada mesin pompa air harus dicek secara berkala. Dan apabila oli sudah berkurang atau sudah tidak layak pakai, lakukanlah penggantian oli agar performa mesin tetap terjaga. Dan berikut merupakan cara mengganti oli pada mesin pompa air honda.

Cara Ganti Oli Mesin Pompa Air Honda


Sebelum melakukan penggantian oli pada mesin pompa air honda, perlu diketahui bahwa mesin pompa air honda memiliki kapasitas oli 0,6 liter. Oleh sebab itu, isilah takaran yang pas jika mengganti oli. Dan untuk caranya yaitu sebagai berikut.

1. Siapkan wadah/tempat untuk menampung oli bekas, corong, kunci 10 mm dan tang.

2. Tempatkan wadah tepat di baut lubang oli. Kemudian bukalah bautnya dengan menggunakan kunci 10 mm.

3. Biarkan oli mengalir keluar dengan sendirinya. Untuk mempercepat aliran oli mesin yang keluar, bukalah tutup pengisian oli menggunakan tang.

4. Setelah oli mesin tuntas terbuang, tutup kembali baut lubang pembuangan oli mesin.

5. Isilah oli mesin baru melalui lubang pengisian sebanyak 0,6 liter. Atau kita juga bisa memperkirakan sampai rata-rata air hingga oli menetes pada lubang pengisian.

6. Setelah itu, tutuplah lubang pengisian menggunakan tang hingga rapat. Selesai.

Begitulah langkah-langkah cara ganti oli mesin pada mesin pompa air honda. Semoga bermanfaat.