Cara Bongkar Mesin Potong Rumput Gendong

cara+bongkar+mesin+potong+rumput+gendong
Cara Bongkar Mesin Potong Rumput Gendong
Cara Bongkar Mesin Potong Rumput Gendong - Ketika memperbaiki mesin potong rumput gendong, ada kalanya harus membongkar sebagian komponennya. Sebagai contoh jika akan mengganti piston, maka kita harus membongkar mesin potong rumput gendong tersebut agar dapat melepas dan memasang piston tersebut.

Dalam membongkar mesin potong rumput gendong, yang perlu diperhatikan adalah urutan melepas bagian-bagian mana saja yang harus dilepas. Jangan sampai salah tahapan yang akan mengakibatkan kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang cara bongkar mesin potong rumput gendong dalam upaya mengganti piston. Bagaimana urutannya? Simak pembahasan berikut ini.

Cara Bongkar Mesin Potong Rumput Gendong


Sebelum melakukan pembongkaran, sebaiknya sediakan dahulu alat-alat yang akan digunakan. Seperti kunci L, kunci 8 mm, obeng dan lain-lain. Dan untuk langkah-langkah membongkar mesin potong rumput yaitu :

1. Tutup keran bahan bakar, kemudian lepaskan filter udara dan karburator dengan obeng.

2. Lepaskan cover mesin dengan membuka seluruh baut penguncinya menggunakan obeng.

3. Lepaskan knalopot dengan membuka kedua baut penguncinya menggunakan kunci 8 mm.

4. Buka baut silinder blok mesin menggunakan kunci L. Jumlah baut tersebut ada 4 buah.

5. Kemudian lepaskan silinder blok dengan cara mengangkatnya ke atas secara perlahan-lahan.

6. Untuk mengganti piston, lepaskan kedua snapring piston terlebih dahulu untuk mengambil pin pistonnya.

7. Setelah piston berhasil terlepas, pasang dengan piston yang baru.

8. Jika pemasangan piston sudah beres, lakukanlah pemasangan kembali pada seluruh bagian yang terlepas tadi mulai dari, silinder blok, knalpot, karburator, dan filter udara.

Demikianlah pembahasan mengenai cara bongkar mesin potong rumput gendong untuk mengganti piston. Semoga bermanfaat. Terima kasih.