Cara Melepas Gear Gerinda Tangan

cara melepas gear gerinda tangan
Cara Melepas Gear Gerinda Tangan
Cara Melepas Gear Gerinda Tangan - Bagi yang akan mengganti gear gerinda karena sudah aus atau rusak, tentu harus mengetahui cara membongkarnya. Karena, untuk melepas gear gerinda tangan ini agak sulit dan perlu tehnik khusus untuk membukanya.

Gear pada mesin gerinda tangan berfungsi sebagai jembatan penghubung putaran dari angker ke kepala gerinda. Gesekan yang terjadi pada komponen ini sangat besar. Sehingga, jika saatnya tiba, gigi-gigi gear akan habis yang menyebabkan bunyi kasar jika mesin gerinda dihidupkan.

Jika gear gerinda telah rusak, maka harus diganti dengan yang baru. Perlu diketahui, pada mesin gerinda tangan terdapat dua buah gear, satu terletak di angker, dan satunya lagi berada di kepala gerinda. Oleh sebab itu, jika mengganti akan mengganti gear tersebut, haruslah diganti dua-duanya.


Cara Melepas Gear Gerinda Tangan


1. Bongkarlah mesin gerinda tangan, mulai dari melepas carbon brush dan membuka kepala gerinda.

2. Kemudian, ambil angker gerinda dan lepaskan gearnya dengan mengendurkan mur penguncinya.

3. Lepaskan gear yang ada di kepala gerinda. Caranya yaitu, lepaskan snap ringnya terlebih dahulu, kemudian gunakan sepasang besi siku dan tempatkan pada celah antara gear dan kepala gerinda. Kemudian, letakan pada tumpuan, lalu pukul as gear dengan palu.

4. Pasang gear baru pada angker gerinda dan kencangkan mur pengikatnya. Kemudian pasang kembali angker pada tempatnya.

5. Pasang juga gear kepala gerinda dan jangan lupa pasang snap ringnya.

6. Pasang kembali kepala gerinda dan pasang juga carbon brush. Selesai.

Demikianlah pembahasan mengenai cara melepas gear gerinda tangan. Semoga bermanfaat.