Cara Mengetahui AVR Genset Rusak

cara mengetahui avr genset rusak
Cara Mengetahui AVR Genset Rusak
Cara Mengetahui AVR Genset Rusak - Salah satu penyebab mesin genset tidak keluar tegangan yaitu AVR rusak. Jika AVR rusak, maka harus diganti dengan yang baru. Karena memang pada dasarnya AVR ini tidak dapat diperbaiki jika komponenya ada yang putus atau terbakar.

AVR adalah singkatan dari Automatic Voltage Regulator. Merupakan komponen pada mesin genset yang berfungsi untuk mengontrol tegangan yang keluar dari generator. Sehingga, arus listrik yang keluar dari mesin genset dapat stabil di 220 volt.

Jika ingin menaikan voltase listrik yang keluar dari genset, kita dapat menyetel AVR tersebut agar dapat mengeluarkan tegangan yang lebih besar atau pun lebih kecil. Namun, jangan sampai menaikan tegangan sampai melebihi batas yang tertera di AVR tersebut. Biasanya batas maksimal pada AVR yaitu 230 volt.

Sebagai komponen pengatur tegangan listrik, AVR ini juga dapat mengalami kerusakan. Kerusakan pada AVR tersebut biasanya disebabkan oleh pemakaian genset yang melebihi kapasitas. Misalnya, genset berkapasitas 5 kva digunakan untuk keperluan 5,5 kva atau lebih. Sehingga komponen pada AVR tersebut akan panas dan rusak. Lalu bagaiaman cara mengetahui AVR genset yang rusak?

Cara Mudah Mengetahui AVR Genset Rusak


Untuk mengetahui AVR yang mengalami kerusakan, ada beberapa cara yang dapat ditempuh.Yaitu seperti yang akan diuraikan berikut ini tentang cara mudah mengetahui AVR genset rusak.

1. Mesin Genset Tidak Keluar Tegangan

Cara paling mudah untuk mengetahui ciri-ciri AVR yang mengalami kerusakan, yaitu ditandai oleh hilangnya tegangan pada mesin genset. 

Namun, gejala tersebut tidak bisa dijadikan patokan dari mesin genset tidak keluar tegangan. Karena, masih ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi hilangnya tegangan pada mesin genset seperti, carbon brush habis, switch breaker rusak, dan generator terbakar. 

2. Melihat Langsung Fisik AVR

AVR genset yang rusak dapat dilihat dari adanya komponen AVR tersebut yang terbakar. Seperti adanya bagian-bagian yang meleleh atau pecah. Dengan melihat secara langsung fisik AVR tersebut, kita dapat segera mengetahui apakah AVR tersebut masih bagus atau tidak.

3. Cek Menggunakan Multitester

Cara yang kedua untuk mengetahui AVR yang rusak yaitu dengan mengecek AVR menggunakan multitester.  Caranya yaitu setting multitester pada hambatan. Kemudian cek seluruh jalur kabel yang ada di AVR. Jika terdapat salah satu jalur kabel yang tidak terhubung (putus), maka tandanya AVR tersebut rusak atau tidak berfungsi.

Itulah beberapa langkah yang dapat dipakai untuk mengetahui AVR genset rusak. Semoga bermanfaat. Terima kasih.