Cara Memperbaiki Kepala Bor Macet

cara memperbaiki kepala bor macet
Cara Memperbaiki Kepala Bor Macet
Cara Memperbaiki Kepala Bor Macet - Kepala bor (chuck) adalah bagian mesin bor yang paling ujung yang berfungsi sebagai tempat dudukan mata bor. Kepala bor ini memiliki tiga buah penjepit mata bor yang dapat bergerak keluar masuk apabila chuck bor tersebut kita putar. Dengan begitu dalam pemasangan atau pun melepaskan mata bor akan semakin mudah.

Dalam pemakaian mesin bor tangan secara terus menerus, tidak menutup kemungkinan jika mesin bor tangan tersebut mengalami kerusakan. Salah satu masalah kerusakan yang sering terjadi yaitu kepala bor tersebut macet tidak dapat membuka dan menutup. Sehingga mesin bor tersebut tidak dapat dipakai untuk mengebor karena mata bornya tidak dapat terpasang.

Penyebab Kepala Bor Macet


Mungkin akan merasa heran jika mengetahui mengapa kepala bor menjadi macet. Kepala bor menjadi macet atau seret biasanya terjadi jika menyimpan mesin bor tangan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga chuck bor tersebut akan berkarat atau mengalami korosi di dalamnya yang mengakibatkan penjepit mata bor tersebut macet.

Sebenarnya hal itu tidak akan terjadi, jika sebelum menyimpanan mesin bor tersebut, kita olesi atau bubuhi dengan minyak pelumas terlebih dahulu pada kepala bor. Minyak pelumas tersebut akan mencegah terjadinya korosi yang mengakibatkan kepala bor tersebut macet.

Cara Memperbaiki Kepala Bor (Chuck) Macet



cara memperbaiki kepala bor macet
Cara Memperbaiki Kepala bor Macet
Untuk memperbaiki masalah chuck bor macet, sebenarnya merupakan hal yang sederhana. Namun jika korosi yang terjadi sudah semakin parah. Maka jalan terakhir yang harus ditempu yaitu dengan mengganti kepala bor tersebut dengan yang baru.

Namun jika korosinya belum terlalu parah, kita dapat mengembalikan fungsi penjepit mata bor tersebut dengan cara menyemprotkan cairan WD-40 ke chuck bor tersebut. Setelah didiamkan beberapa saat, ketuklah secara perlahan bagian ujung kepala bor tersebut agar cairan WD-40 tersebut meresap dan mengikis korosi yang ada. 

Setelah itu, cobalah putar kepala bor tersebut dengan kunci mata bor ke arah kiri dan kanan secara bergantian. Jika berhasil, maka putaran kepala bor tersebut akan bergerak dan berfungsi kembali. Selain cairan WD-40, dapat juga menggunakan solar atau minyak pelumas.

Demikianlah cara mudah memperbaiki kepala bor yang seret atau macet. Silahkan mencoba cara di atas jika mengalami permasalahan tersebut. Semoga bermanfaat, terima kasih.