Mesin Potong Rumput Hidup Tetapi Baling - Baling Tidak Berputar

mesin potong rumput hidup tetapi baling-baling tidak berputar
Mesin Potong Rumput Hidup Tetapi Baling - Baling Tidak Berputar
Mesin Potong Rumput Hidup Tetapi Baling - Baling Tidak Berputar - Mesin yang sangat membantu dan mempermudah dalam urusan pembabatan rumput liar ini memang sangat praktis. Meskipun begitu, mesin potong rumput yang dioperasikan dalam jangka waktu yang lama, pasti ada kemungkinan mengalami masalah. Salah satunya yaitu mesin hidup tetapi baling - baling pembabat tidak berputar.

Mesin potong rumput yang mengalami masalah pada baling - baling pembabat yang tidak berputar, sebenarnya merupakan kelalaian dari pengguna mesin yang kurang memperhatikan peraw.atan pada mesin tersebut. Sehingga berawal dari masalah yang kecil menjadi permasalahan yang besar.

Penyebab dari masalah mesin potong rumput tersebut, dapat dipengaruhi oleh beberapa kemungkinan  yang mempengaruhinya. Dan kemungkinan - kemungkinan dari penyebab permaslahan tersebut antara lain :

Penyebab Mesin Potong Rumput Hidup Tetapi Baling - Baling Tidak Berputar


1. As Fleksibel Putus

As fleksibel yaitu bagian yang menghubungkan antara mesin dengan as baling - baling pembabat. As ini memiliki bentuk yang lentur, sehingga dapat terus berputar meskipun gagang mesin potong rumput di belokan ke mana saja.

Kasus yang sering terjadi yaitu stempet pada as fleksibel tersebut habis, sehingga mengakibatkan as tersebut panas ketika mesin dijalankan dan lama - kelamaan akan putus. Sehingga jembatan perantara antara mesin dengan baling - baling pembabat akan hilang.

Untuk mengatasi masalah ini, kita harus mengganti as fleksibel yang telah putus tersebut dengan yang baru. Dengan catatan harus memiliki panjang sama dengan yang telah putus. Karena as fleksibel ini memiliki variasi panjang yang berbeda - beda.

2. Roda Gigi Dudukan Baling - baling Aus

Roda gigi ini terletak di dalam dudukan baling - baling yang berada pada ujung gagang mesin potong rumput. Di dalam dudukan baling - baling tersebut terdapat sepasang roda gigi yang saling mengait. Sehingga apabila roda gigi tersebut mengalami keausan, maka baling - baling tersebut tidak dapat berputar meskipun mesin telah dihidupkan.

Roda gigi tersebut juga memiliki variasi yang beraneka ragam tergantung merk dari mesin potong rumputnya. Sehingga apabila akan mengganti roda gigi tersebut, gantilah dengan ukuran yang sama sesuai dengan roda gigi yang telah aus.

3. Kampas Rusak

Kerusakan pada kampas mesin potong rumput memang jarang sekali terjadi. Namun jika kampas tersebut mengalami kerusakan ( pecah atau lepas ), maka akan mengakibatkan baling - baling pembabat tidak berputar.

Jkampas tersebut terlepas, maka kita masih dapat memperbaikinya dengan cara memasang kembali kampas tersebut pada tempatnya. Namun apabila pecah, maka kita harus mengganti kampas mesin potong rumput tersebut.

Itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan tidak berputarnya baling - baling pada mesin potong rumput meskipun mesin telah dihidupkan. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.