Fungsi AVR Pada Mesin Genset

fungsi avr pada mesin genset
Fungsi AVR Pada Mesin Genset
Fungsi AVR Pada Mesin Genset - Salah satu bagian pada mesin genset yang memiliki peranan penting pada masalah kelistrikan yaitu AVR. AVR adalah singkatan dari Automatic Voltage Regulator.  Yaitu bagian yang berfungsi sebagai pengatur voltase listrik secara otomatis.

Mesin genset yang menggunakan AVR bisanya memiliki kapasitas arus listrik di atas 2,5 kva ( 2500 Watt ). Sedangkan untuk dibawah 2,5 kva biasanya menggunakan kapasitor sebagai pengganti AVR. Fungsi AVR pada mesin genset adalah sebagai sistem pengaman dan peyetabil arus listrik yang keluar dari generator.


Pada genset, AVR ini terletak pada bagian generator. Dan memiliki sebuah pengatur yang berfungsi untuk menyetel seberapa tegangan listrik yang akan dikeluarkan oleh generator. Untuk setelan normal pada AVR yaitu 220 volt.

Ada pun pengaruh yang terjadi pada mesin genset apabila AVR telah rusak. Yaitu mesin genset tidak akan mengeluarkan arus listrik. AVR yang rusak tersebut biasanya disebabkan oleh pemakaian daya listrik yang berlebihan melebihi kapasitas yang tertera pada mesin genset tersebut.

Jika AVR  pada mesin genset telah rusak, maka langkah yang harus diambil yaitu dengan mengganti AVR tersebut. Untuk mengganti AVR tersebut, kita harus menggantinya dengan bentuk dan ukuran yang sama dengan AVR yang akan diganti. Karena AVR pada mesin genset memiliki bentuk dan kapasitas yang berbeda - beda.

Itulah sedikit penjelasan mengenai AVR pada mesin genset dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.