Permasalahan Mesin Pompa Air

permasalahan+mesin+pompa+air
Permasalahan Mesin Pompa Air
Permasalahan Mesin Pompa Air - Mesin pompa air merupakan sebuah alat bantu yang wajib dimiliki di rumahan. Dengan adanya mesin pompa air ini, pemasokan air di rumah akan menjadi lebih cepat dan mudah. Namun, kita juga harus memahami permasalahan-permasalahan mesin pompa air. Agar jika mesin pompa air mengalami masalah, dapat segera memperbaikinya.

Dalam penggunaanya, memang tak selamanya mesin pompa air yang kita miliki akan selalu lancar. Biasanya dalam pemakaian dalam jangka waktu yang lama, mesin pompa air ini akan mengalami kerusakan. Entah itu kerusakan ringan atau pun masalah yang serius. Oleh sebab itulah penting bagi kita untuk mengetahui beberapa permasalahan yang sering terjadi pada mesin pompa air.

Dan bagi yang sedang mengalami masalah pada mesin pompa air, tidak perlu khawatir dan berpikiran untuk segera membeli mesin pompa air yang baru. Karena, siapa tahu mesin pompa air yang mengalami permasalahan tersebut masih bisa diperbaiki. Dan berikut merupakan beberapa permasalahan pada mesin pompa air dan cara mengatasinya.


Permasalahan Mesin Pompa Air Dan Cara Memperbaikinya


Diantara permasalahan yang sering terjadi pada mesin pompa air adalah sebagai berikut :

1. Mesin Pompa Air Hidup Tetapi Air Tidak Keluar


Permasalahan yang satu ini sering sekali terjadi pada mesin pompa air yang sudah lama digunakan. Permasalahan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya yaitu mekanikal seal rusak, impeller aus, dan saluran pengisapan terdapat kebocoran.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kita harus menelusuri satu per satu penyebabnya. Untuk mengecek mekanikal seal dan impeller, kita harus membongkar mesin pompa air tersebut. Jika mendapati mekanikal seal atau impeller rusak, maka gantilah bagian yang rusak tersebut dengan yang baru.

Namun jika kedua bagian tersebut masih bagus, periksalah saluran pipa pengisapan. Saluran pengisapan yang bocor biasanya ditandai oleh adanya resapan air yang menetes. Dan apabila menemukan kebocoran pada saluran pengisapan, segerala perbaiki dengan cara menambal atau mengelem pada bagian yang bocor tersebut.

2. Mesin Pompa Air Tidak Dapat Berhenti Meskipun Kran Air Telah Ditutup


Permasalahan ini hanya terjadi pada mesin pompa air yang memiliki sistem otomatis. Penyebab dari mesin pompa air yang tidak dapat berhenti ini adalah otomatis yang telah rusak.

Jika mengalami masalah seperti ini, periksalah pengaturan tekanan pada otomatis tersebut dan putarlah ke arah tekanan yang lebih rendah. Jika dengan mengatur tekanan air pada otomatis tersebut tidak membuahkan hasil, maka gantilah otomatis pompa air tersebut dengan yang baru.

3. Mesin Pompa Air Terkadang Hidup Sendiri Meski Tidak Menggunakan Air


Penyebab dari permasalahan ini adalah adanya kebocoran pada saluran keluar pompa air tersebut. Kebocoran tersebut biasanya terjadi pada sambungan-sambungan pipa atau pada kran air yang tidak dapat tertutup rapat.

Untuk mengatasi masalah ini, periksalah pada setiap sambungan pipa keluar dan kran air. Jika terdapat rembesan atau tetesan air pada sambungan pipa, perbaikilah dengan cara mengelem sambungan pipa tersebut. Namun jika rembesan atau tetesan air tersebut terdapat pada kran air, maka gantilah kran air tersebut dengan yang baru.

Demikianlah uraian mengenai cara mengatasi permasalahan mesin pompa air. Untuk permasalahan lainnya, akan segera diulas pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat.