Cara Menggunakan Cup Sealer

cara menggunakan cup sealer
Cara Menggunakan Cup Sealer
Cara Menggunakan Cup Sealer  - Cup sealer adalah mesin yang digunakan untuk mengepres gelas plastik. Mesin ini sangat membantu dalam mengemas makanan atau minuman ke dalam cup elas plastik. Sehingga, alat ini banyak dipakai oleh para penjual makanan dan minuman instan (siap saji).

Cara kerja cup sealer yaitu merekatkan dua bagian yang terbuat dari plastik dengan suhu panas yang telah ditentukan. Setelah kedua bagian merekat, alat ini akan memotong otomatis. Sehingga menghasilkan cup yang tertutup rapat oleh plastik.

Komponen pada cup selaer ini, terdiri dari dua bagian utama. Yaitu elemen pemanas dan alat potong. Elemen pemanas pada cup sealer ini mampu menghasilkan temperatur suhu panas hingga mencapai 250 derajat celcius. Dan untuk alat potongnya menggunakan mata gergaji berbentuk lingkaran. Kedua komponen tersebut akan bekerja sama dalam satu langkah penekanan tuas yang menghasilkan sebuah pengepresan gelas plastik.

Pada dasarnya mesin cup sealer ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu mesin cup sealer manual dan mesin cup sealer otomatis. Mesin cup sealer manual merupakan jenis alat pres gelas plastik yang dioperasikan secara manual. Sedangkan cup sealer otomatis merupakan cup sealer yang dilengkapi dengan sistem sensor. Sehingga, dalam sekali menekan tombol, akan langsung menghasilkan pengepresan secara otomatis.

Dan berikut merupakan cara menggunakan cup sealer dari jenis yang paling sering digunakan, yaitu cup sealer manual.


Cara Menggunakan Cup Selaer


Cara menggunakan mesin cup sealer ini sangat mudah. Namun, jika belum pernah menggunakan dan akan mencoba mengoperasikannya dapat mengikuti panduan berikut ini.

1. Nyalakan cup sealer dengan cara memasukan kabel power ke sumber listrik. Setelah itu tekan tombol power ke posisi ON dan lampu indikator (hijau) akan menyala.

2. Aturlah temperatur suhu panas cup sealer tersebut pada suhu sekitar 150 ℃. Kemudian tunggu beberapa saat sampai lampu temperatur (merah) menyala.

3. Tariklah dudukan cup (gelas plastik) keluar. Kemudian pilihlah dudukan yang sesuai dengan ukuran cup yang akan dikemas. Dudukan cup tersebut memiliki dua variasi, yaitu ukuran gelas plastik besar dan kecil. Oleh karena itu, pilihlah dudukan yang tepat dengan cara membalik ring dudukan tersebut sesuai dengan ukuran gelas plastik yang akan dipres.

4. Tempatkan gelas plastik yang telah terisi makanan atau minuman. Kemudian dorong dudukan gelas plastik tersebut ke dalam.

5. Arahkan posisi plastik penutup dengan tepat supaya tutup kemasan tepat pada gambarnya. Biasanya ketepatan tersebut ditandai oleh posisi garis hitam depan dan belakang sejajar.

6. Tekan tuas pengepresan ke bawah sampai proses pemotongan plastik berbunyi. Tahan sekitar 3 detik. Kemudian kembalikan tuas pengepresan tersebut ke posisi semula.

7. Tarik dudukan gelas plastik keluar dan proses pengepresan selesai.

Begitulah uraian mengenai cara menggunakan cup sealer plastik manual. Untuk mematikan cup sealer tersebut, cukup menekan tombol power ke posisi OFF dan mencabut kabel power dari sumber listriknya. Dan setelah proses pengepresan selesai, sebaiknya bersihkan cup sealer tersebut agar terjaga kebersihannya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.