Penyebab Dan Cara Mengatasi Genset 2 Tak Susah Hidup

memperbaiki+genset+susah+hidup
Cara Memperbaiki Genset Susah Hidup
Genset Susah Hidup - Mesin genset 2 tak yang memiliki kapasitas daya listrik sekitar 650 watt ini, memang cenderung berbunyi sedikit keras. Namun dengan bentuknya yang kecil, mesin genset ini mudah untuk dibawa kemana - mana. Oleh sebab itu, genset ini sering dgunakan oleh para pedagang kecil yang berjualan di malam hari.

Sebagai sumber listrik portabel, ada kalanya mesin genset ini mengalami kerusakan. Dan salah satu kerusakan yang sering terjadi pada mesin genset 2 tak ini yaitu mesin susah dihidupkan. Permasalahan tersebut biasanya terjadi karena kurangnya perawatan dan pemeliharaan pada mesin genset tersebut.

Cara mengatasi mesin genset 2 tak yang susah dihidupkan, memang butuh ketelitian untuk memperbaikinya. Karena kita harus mengecek satu per satu bagian yang menjadi penyebabnya. Dan berikut merupakan bagian - bagian penting yang perlu di cek ketika mesin genset 2 tak susah dihidupkan.


Penyebab Mesin Genset 2 Tak Susah Hidup Dan Cara Mengatasinya


1. Pengapian Hilang

Hilangnya sistem pengapian pada mesin genset 2 tak dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor - faktor tersebut diantaranya yaitu busi, coil, dan ignition magneto. Untuk mengatasi hilangnya pengapaian tersebut, perikasalah satu per satu dari ketiga bagian tersebut. Dan apabila menemukan bagian yang tidak berfungsi atau mati, gantilah bagian yang mati tersebut dengan yang baru.

2. Karburator Kotor

Mesin genset yang tidak digunakan dalam waktu yang lama dan tidak pernah dipanaskan, akan menyebabkan karburator menjadi kotor dan tersumbat. Hal itu disebabkan oleh bahan bakar yang mengendap tanpa adanya sirkulasi yang berjalan. Sehingga pengendapan tersebut lama - lama akan menyumbat saluran angin dan saluran bahan bakar yang berada di dalam karburator.

Cara mengatasi masalah ini yaitu dengan mencuci karburator yang kotor tersebut dengan menggunakan bensin. Pastikan seluruh celah lubang pada karburator tersebut benar - benar bersih sebelum dipasang kembali.

3. Kompresi Bocor

Kebocoran kompresi pada mesin genset 2 tak dapat dipengaruhi oleh beberapa penyebab. Diantara penyebab tersebut yaitu seal ker as bocor, baut silinder head kendor, packing head rusak, ring piston aus, dan silinder blok baret.

Untuk mengatasi kompresi yang mengalami kebocoran pada mesin genset 2 tak ini, periksalah bagian - bagian yang telah disebutkan tadi dengan seksama. Apabila menemukan kerusakan pada bagian - bagian tersebut, perbaikilah dengan mengganti bagian yang rusak tadi dengan yang baru.

Namun jika mendapati silinder blok yang aus atau baret. Kita harus melakukan pengkorteran atau over size pada silinder blok tersebut. Dan apabila silinder blok tersebut aus atau baretnya terlalu dalam dan tidak bisa dikorter, maka harus mengganti dengan silinder head yang baru.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mesin genset 2 tak yang susah dihidupkan. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.