Mesin Potong Rumput 2 Tak Dan 4 Tak

mesin+potong+rumput+2+tak+dan+4+tak
Mesin Potong Rumput 2 Tak dan 4 Tak
Mesin Potong Rumput 2 Tak Dan 4 Tak - Mesin potong rumput adalah mesin yang digunakan untuk memangkas rumput dan tumbuhan lainnya yang berukuran kecil hingga sedang. Tumbuhan yang dapat di pangkas menggunakan mesin ini adalah tumbuhan yang berjenis lunak dan tidak berkayu. Misalnya tanaman padi, petani masa kini banyak sekali yang memanfaatkan mesin potong rumput ini untuk memangkas tanaman padinya pada saat musim panen telah tiba. Karena memangkas tanaman padi menggunakan mesin potong rumput jauh lebih efisien.


Mesin potong rumput ini memiliki beragam variasi bentuk yang unik dan menarik. Ada yang memiliki jenis di gendong, dan ada juga yang di dorong. Berdasarkan cara kerjanya, mesin potong rumput dibagi menjadi dua yaitu mesin potong rumput 2 tak dan mesin potong rumput 4 tak.

Akan tetapi yang sering kita jumpai di sekitar kita adalah mesin potong rumput 2 tak. Karena mesin potong rumput 2 tak ini memang banyak yang memilikinya di kalangan masyarakat. Ciri khas dari mesin potong rumput 2 tak adalah suaranya yang keras. Berbeda dengan mesin potong rumput 4 tak yang suaranya memang lebih halus.

Berbicara mengenai mesin potong rumput, kita harus paham dan mengetahui perbedaan antara mesin potong rumput 2 tak dan mesin potong rumput 4 tak. Serta apa saja faktor kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis mesin potong rumput tersebut.

Berikut ini akan sedikit saya jelaskan mengenai perbedaan yang mendasar dari kedua mesin mesin potong rumput tersebut. Yuk simak ulasan berikut mengenai perbedan pada mesin potong rumput 2 tak dan mesin potong rumput 4 tak.


Perbedaan Mesin Potong Rumput 2 Tak Dan 4 Tak


1. Mesin Potong Rumput 2 Tak


Mesin potong rumput 2 tak merupakan mesin potong rumput yang memiliki sistem kerja 2 langkah. Oleh karena itu mesin potong rumput ini memiliki suara yang keras dan sedikit mengeluarkan asap di bagian knalpotnya pada saat dihidupkan.

Mesin potong rumput 2 tak ini memiliki bahan bakar berupa bensin campur. Yaitu bensin yang di campur dengan oli pelumas 2 tak dengan takaran tertentu. Takaran tersebut biasanya tertera pada tangki bahan bakar mesin potong rumput tersebut.

Yang istimewa dari mesin potong rumput 2 tak ini yaitu tidak menggunakan oli mesin untuk pelumasannya. Pelumasan mesin pada mesin potong rumput 2 tak ini berasal dari oli pelumas 2 tak yang telah tercampur dengan bahan bakarnya.

Oleh karena itu, kita tidak perlu melakukan penggantian oli mesin seperti pada mesin - mesin yang memiliki sistem kerja 4 langkah. Namun yang paling penting adalah kita jangan sampai lupa untuk mencampur bahan bakarnya dengan oli pelumas 2 tak pada saat pengisian bahan bakar pada mesin potong rumput 2 tak ini.

Harga dari mesin potong rumput 2 tak ini bisa dikatakan relatif murah, oleh karena itu banyak masyarakat umum yang memilikinya. Untuk masalah perawatan juga sangat mudah pada mesin potong rumput 2 tak ini, cukup melakukan pembersihan pada bagian karburator dan filter udara.

Serta penggantian busi secara berkala supaya mesin potong rumput 2 tak ini selalu dalam keadaan normal. Suku cadang dari mesin potong rumput 2 tak ini juga sangat mudah di cari, sehingga apabila mesin potong rumput 2 tak tersebut mengalami kerusakan, mudah untuk diperbaiki.


2. Mesin Potong Rumput 4 Tak


Mesin potong rumput 4 tak adalah mesin potong rumput yang mengusung sistem kerja 4 langkah. Yang unik dari mesin potong rumput 4 tak ini yaitu memiliki suara yang halus dan knalpotnya tidak mengeluarkan asap pada saat mesin dihidupkan.

Mesin potong rumput 4 tak ini memiliki bahan bakar bensin murni. Dan bisa dikatakan bahan bakar dari mesin potong rumput 4 tak ini sangat irit karena menggunakan karburator yang telah memiliki sistem injeksi.

Mesin potong rumput 4 tak ini menggunakan minyak oli sebagai sistem pelumasannya. Oleh karena itu, jika kita memiliki mesin potong rumput 4 tak ini, kita harus sering mengecek dan melakukan penggantian oli pelumas supaya mesin potong rumput 4 tak ini awet dan terhindar dari kendala.

Harga dari mesin potong rumput 4 tak ini memang dapat dikatakan cukup mahal, namun kualitas dan sistem kerja dari mesin potong rumput 4 tak ini memang bagus dan handal. Maka gunakanlah sebaik mengkin jika kita telah memiliki mesin potong rumput 4 tak ini.

Untuk masalah perawatan mesin potong rumput 4 tak ini sangat sederhana, cukup dengan melakukan penggantian oli pelumas secara rutin serta melakukan pembersihan pada bagian filter udara.

Nah itulah beberapa perbedaan yang mendasar mengenai mesin potong rumput 2 tak dan mesin potong rumput 4 tak. Untuk lebih detailnya silahkan tanyakan kepada pemilik toko penjual mesin potong rumput tersebut atau kepada mekanik mesin terdekat. Karena setiap orang biasanya memiliki pendapat yang berbeda-beda. Terima kasih.