Cara Skir Atau Skur Klep Yang Benar

cara+skir+klep
Cara Skir Atau Skur Klep Yang Benar
Cara Skir Atau Skur Klep Yang Benar - Artikel kali ini membahas tentang cara skir klep. Skir klep yang benar akan terlihat dari hasilnya yang bagus, yaitu rata dan tidak bocor. Yuk, simak sampai selesai pembahasang mengenai cara skir atau skur klep yang benar agar memperoleh hasil yang maksimal.


Skir klep merupakan upaya merapatkan kembali antara klep dengan sitting klep yang mengalami kebocoran. Sehingga mengakibatkan kompresi mesin menurun atau bahkan hilang. Akibatnya, mesin tidak bertenaga dan susah hidup.

Tujuan dari skir klep yaitu merapatkan klep dengan sitting klep. Agar hasil skir klep bagus, kita harus menjaga konsentrasi dalam melakukan penyekiran. Terutama posisi klep jangan sampai miring dan tangan jangan sampai goyang ketika melakukan skir klep.

Melakukan skir klep ketika memperbaiki mesin, harus lah dilakukan dengan cara yang benar. Sehingga tidak terjadi kesalahan yang menjadi penyebab skir klep gagal. Karena, jika  hasil skir klep bocor terus, harus mengulang lagi dari awal dan membuang-buang waktu dan tenaga.

Untuk melakukan skir klep, ada dua cara yang sering digunakan. Yaitu skir klep manual dan skir klep dengan menggunakan mesin bor tangan. Untuk lebih detailnya, silahkan ikuti panduan berikut ini tentang cara skir klep agar meraih hasih yang maksimal.


Cara Skir Atau Skur Klep Yang Benar


1. Cara Skir Klep Manual


Skir klep manual caranya sangat mudah dan sederhana. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hasilnya lebih bagus dan akurat bila dilakukan dengan benar.

Untuk melakukan skir klep manual, yang perlu di siapkan yaitu amril, oli, dan selang kecil yang diameter lubangnya lebih kecil dari ukuran klep. Dan untuk panduan skir klep manual yaitu sebagai berikut.

1. Letakan silinder head pada dudukan (dudukan usahakan yang kokoh, rata dan tidak goyang).

2. Oleskan amril secukupnya pada bagian payung klep yang akan di skir.

3. Masukan klep pada tempatnya. Kemudian masukan selang kecil pada tangkai klep.

4. Lakukanlah penyekiran dengan cara memutar klep (selang) dengan gerakan naik dan turun.

5. Setelah beberapa saat, teteskan oli pada bagian yang di skir (tepi klep).

6. Lakukan terus penyekiran sampai permukaan klep terlihat rata. Usahakan posisi klep tidak miring dan tangan tidak banyak bergoyang.

7. Setelah terlihat goresan halus dan merata pada sitting klep, sudahilah penyekiran dan bersihkan sisa amril pada klep dan setting klep dengan menggunakan bensin sampai bersih.

2. Cara Skir Klep Menggunakan Bor


Untuk melakukan skir klep dengan menggunakan mesin bor tangan, pastikan memiliki mesin bor tangan. Kemudian siapkan amril, oli, dan selang kecil. Dan untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Siapkan mesin bor tangan (usahakan berukuran kecil agar tangan tidak pegal saat penyekiran).

2. Siapkan dudukan untuk menaruh silinder head (usahakan dudukan kuat dan tidak miring atau goyang).

3. Pasang mata bor atau baut kecil yang sama dengan diameter tangkai klep. Kemudian pasang selang kecil untuk menghubungkan antara mata bor dengan tangkai klep.

4. Oleskan amril secukupnya di bagian payung klep. Untuk penyekiran klep baru, gunakanlah amril yang kasar, kemudian yang halus.

5. Teteskan oli pada tangkai klep kemudian masukan ke tempatnya. Kemudian hubungkan klep dengan selang yang telah menempel pada mata bor.

6. Nyalakan mesin bor dan lakukan penyekiran dengan gerakan naik dan turun secara perlahan. Teteskan oli secara berkala pada bidang tepi klep supaya gesekannya tidak terlalu tajam yang mengakibatkan setting klep cepat habis.

7. Pada saat penyekiran, perhatikanlah posisi klep dalam kadaan lurus dan  jangan sampai miring.

8. Setelah terlihat goresan halus dan merata pada sitting klep, segeralah berhenti dan bersihkan sisa amril yang melekat pada klep dan setting klep dengan menggunakan bensin sampai bersih.

3. Cara Cek Hasil Skir Klep


Setelah proses penyekiran selesai, cek lah hasil penyekiran tersebut apakah sudah bagus atau masih terdapat kebocoran pada klep. Berikut adalah cara mengecek hasil penyekiran yang akurat.

1. Setelah proses penyekiran selesai, bersihkan sisa amril yang melekat pada klep dan sitting klep dengan menggunakan bensin. Kemudian semprot dengan angin (kompresor) sampai bersih dan kering.

2. Kemudian, pasanglah klep pada tempatnya dan kunci dengan kancing klep. Setelah semua terpasang dengan benar, masukan bensin ke dalam lubang hisap (intake) dan lubang pembuangan (gexhouse) secara bergantian dengan mengarah ke atas.

3. Perhatikan celah antara payung klep dan setting klep. Jika terlihat kering dan tidak ada rembesan bensin, berarti hasil penyekiran bagus dan berhasil. Namun, jika terlihat rembesan bensin, berarti masih ada kebocoran klep dan harus melakukan penyekiran ulang.

Demikianlah uraian tentang cara skir klep yang benar pada mesin. Jika Anda inigin melakukan penyekiran klep, silahkan ikuti panduan di atas dengan benar. Pilih cara yang menurut Anda paling mudah. Dan jangan lupa cek hasil penyekiran setelah proses penyekiran selesai. Semoga bermanfaat. Terima kasih.